ABSTRAK
Tujuan
Penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran
kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar matematika pokok
bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter. 2. Untuk
mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan
hasil belajar matematika pokok bahasan Matriks pada siswa kelas XII A.1 SMAN 1 Nguter
Sukoharjo.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Nguter Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Oktober 2007 s. d. Desember 2007. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Nguter Sukoharjo pada kelas XII A.1 Tahun Pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan
Kelas: Pada pra siklus sebanyak 25 siswa atau 62,5% tidak tuntas dan 15 siswa
atau 37,5% tuntas. Hasil siklus I adalah
sebanyak 22 siswa atau 55% tuntas dan 18 siswa atau 45% tidak tuntas. Hasil
siklus II sebanyak 34 siswa atau 85% tuntas dan 6 siswa atau 15% tidak tuntas.
Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Kriteria
ketuntasan 85% > 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus
II dengan menggunakan metode kooperatif model Jigsaw telah berhasil. Sehingga hipotesis yang mengatakan : 1. Dengan metode
kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar Pokok Bahasan
Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter Sukoharjo, terbukti kebenarannya. Dan
2. Dengan metode kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pokok
Bahasan Matriks kelas XII A.1 SMA Negeri 1 Nguter, terbukti kebenarannya
|
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie. 2005. Mempraktikkan
Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.
Choiriyah, Siti. 2006. Acuan Pengayaan Matematika.
Solo : Sindhunata
Elizabeth B.
Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara
Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar
dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses
Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Kuntarti, Sulistyono, Sri
Kurnianingsih. 2004. Matematika SMA. Untuk Kelas X Program Ilmu Alam.
Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
Koko Martono, R.
Eryanto, Firman Syah Noor.. 2007. Matematika dan Kecakapan Hidup, Untuk SMA
12A. Bandung : Ganeca Exact.
Kuntarti,
Sulistyono, Sri Kurnianingsih. 2006. Matematika SMA untuk Kelas XII,
Jakarta, Penerbit: Gelora Aksara Pratama, Tahun 2006. Pengarang :
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses
Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha,
FPIPS IKIP Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar
Pendidikan, Semarang, Penerbit Effhar Publishing.
Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991,
Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan,
Dikti, Depdikbud.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi
Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta, Penerbit Gaung Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar
Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Suryadi, Didi.
1997. Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen
D2 Karunika UT.
Winkel. W.S. 1987. Psikologi Pengajaran.
Jakarta : Gramedia
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses
Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses
Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha,
FPIPS IKIP Bandung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar