ABSTRAKSI
Pondok
pesantren Persatuan Islam .91 yang nota bene adalah lembaga pendidikan
keagamaan fonnal, mempunyai sebuah alternatif terapi bagi orang-orang yang
mengalami kesulitan menyelesaikan masalah kehidupannya sehingga menyebabkan
mereka mengalami neurosis (gangguan kejiwaan). Dalam pelaksanaannya pesantren
ini melakukan proses konseling sebagai sebuah terapi bagi penyelesaian masalah
kejiwaan tersebut, dan ustadz Dadan sebagai seorang konselor menggunakan
doktrindoktrin agama sebagai prinsif-prinsif utama penyembuhan.
Konseling
adalah proses pemberian nasehat, pemberian anjuran, dan pembicaraan dengan
bertukar fikiran atau sebuah pertalian timbal balik antara dua orang individu,
dimana yang seorang (konselor) membantu yang lain (konseli), supaya lebih
memahami dirinya dalam hubungannya dengan masalah-masalah hidup yang
dihadapinya. Yang menyebabkan seseorang terganggu jiwanya.
Seseorang
yang kurang atau bahkan tidak memiliki pemahaman yang memadai tentang ajaran
agama, akan mengalaini kesulitan besar ketika dihadapkan pada sebuah
permasalahan kehidupan. Agama sebagai sebuali keyakinan formal yang dimilik
oleh hainpir setiap insan di alam ini, akan inenjadi terapi yang efektif
menghadapi permasalahan tersebut.
Penelitian
ini mempunyai tujuan teoritis, yaitu untuk rnengetahui sejauh mana pengaruh
konsef-konsef konseling yang ada jika dipadukan dengan konsef-konsef agama.
Sedangkan tujuan praktisnya yaitu untuk mengetahui proses konseling agama yang
dilakukan di pondok Pesantren Persatuan Islam.91 Sukasari Tasikmalaya, untuk
mengetahui faktor-faktor penyebab seseorang mengalami neurosis (gangguan
kejiwaan), serta untuk mengetahui efektifitas konseling agama dalarn
menyembuhkan gejala-gejala kejiwaan neurosis.
Uatuk
mencapai tujuan tersebut penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode
observasi, wawancara dan angket.
Dari
penelitian ini ditemukan adanya nilai efektifitas penyatuan konsef-konsef
konseling dengan konsef-konsef agama, di samping itu, dari penelitian ini
ditemukan nilai efektifitas dari konseling agama yang dijadikan sebuah cara
untuk meneyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat sebagai penyebab
menculnya gejala neurosis atau gangguan kejiwaan.
Kesimpulatmya,
konseling agama menjadi salah satu cara dalam kaitannya dengan penyembuhan
ganggtian kejiwaan yang disebabkan oleh masalah-masalah kehidupan yang tidak
bisa terselesaikan oleh seseorang, konsef konseling yang selama ini dimiliki
oleh orang barat sudah selayaknya digabungkan dengan konsef-konsef keagamaan.
DAFTAR
PUSTAKA
Andari, Jeni, dan Kartono, Kartini, 1989, Peranan Agama
dalam Kesehatan Mental, Jakarta, Gunung Agung.
Ancok, Djamaludin, Suroso, Fuat Nashari,1995, Psikolgi
Islami, Solusi atas Problem problem Psikologi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi, 1989, Prosedur Penelitian, suatu
Pendekatan Praktik, Jakarta, Bima Aksara.
________, 1992, Prosedur Penelitian ; Suatu
Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.
Arifin, H.M, 1996, Teori-Teori Konseling Umum dan Agama, Jakarta,
Golden Trayon press.
______________, 1994, Pedoman Pelaksanaan
Bimbingan dan Penyuluhan Agama, Jakarta, Golden Trayon Press.
___________ tt, Pokok-Pokok Pikiran Tentang
Bintbingan dan Penyuluhan Agama di Sekilah Dan Luar sekolah, Jakarta, Bulan
Bintang.
Bastaman,Hana Djumhana, 1995, Integrasi Psikologi dengan
Islam. Menuju Psikolngi Islami, Jogyakarta, Pustaka Pelajar.
Darajat, Zakiyah, 1996, Kesehatan Mental, Jakarta,
Gunung Agung.
Dasuki, H.A. Hafidz, 1992, Teori Kesehatan Mental, Jakarta,
Pustaka Al-husna
Depag. RI, 1995, Al-Our'an Terjemah, Jakarta, Badan
Penyelenggara Penterj emah.
Djumhur. I, 1975, Bimbingan Penyuluhan di Sekolah,
(Guidance and Counseling), Bandung, CV. Ilmu.
Fahmi, Mushtafa, tt, Kesehatan Ji ~vu dalam Keluarga,
sekolah dan Masyarakat, jilid I, Jakarta, Bulan Bintang
Hadi, Sutrisno, 1991, Metodologi Riset jilid III, Yogyakarta,
Andi Offset
Hawari, Dadang, Al-Qur'an Ilmu, Kedokteran, dart Ilmu
Kesehatan Jiwa, Jogyakarta, Dana Bhakti Prima Yasa.
Hamdani, Muhammad,Bdz, 2001, Psikoterapi dan Konseling
islam, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Istiharoh, 1998, Pengaruh Dzikir Terhadap Kesetabilan
Emosi di Pondok Pesantren Mangkuyudan Surakarta, Skripsi, FAI-UMS
Jalaludin dan Ramayulis, 1993, Pengantar Ilmu Jiwa Agama,
Jakarta, Kalain Mulia
_____ 1996,
Psikologi Agama, Jakarta, Rajawali Press.
Kadir, Emo Kastama, 1994, Studi Pendalaman Mengenai
Metode Inabah, dalam Upaya Penyembuhan Penderita ketagihan zat Adiktif Melalui
Proses Didik, Tasik Malaya, yayasan Seba Bakti
Kartono, Kartini, 1989, Psikologi Abnormal Dan
Abnormalitas Seksual, Bandung, Cv. Mandar Maju
Kartono, Kartini, 1983, Mental Hygiene (Kesehatan
Mental), Bandung, Alumni
Untuk mendapatkan file lenngkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar