Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Senin, 02 Januari 2012

Ss 053: Tinjauan Struktur Dan Tekstur Sendratari Hanoman Obong Di Prambanan


ABSTRAK

Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah cerita sendratari Ramayana di pnggung Terbuka Roro Jonggrang dalam episode hanoman Obong. Sentral permasalahan dalam penulisan ini adalah struketur dan tekstur cerita sendtratari Hanoman Obong. Selama gunung memuncak tinggi dan sungai mengalir di bumi, selama itulah kish Ramayana akan hidup terus sepanjang masa. Kata – kata ini yang dilahirkan  beratur tahun yang lalu membuktikan kebenarannya dari jaman ke jaman sehingga sampai sekarang kisah Ramayana masih hidup dan memberi hidup didalam masyaraka kita. Epos yang abadi ini telah digubah dalam bentuk seni drama tari (sendtratari) dan untuk pertama kali disajikan kepada dunia pada bulan Juli 1961, di Panggung Terbuka Roro Jonggarng di Prambanan Jawa Tengah.
Sangat tertarik dengan pementasan Sendratari Ramayana dan pernah ikut sebagai penari Ramayana sehingga untuk melakukan pengamatan pementasan serta analisis terhadap cerita Ramayana dalam episode Hanuman Obong. Analisis terhadap cerita lakonnya penulis lakukan dengan menggunakan pendekatan struketural. Dengan pendekatan ini dapat diketahui hubungan antara unsur – unsur yang membangun karya sastra. Dari hubungan itu dapat diketahui kebulatan, keterpanduan serta keutuhan naskah lakon. Analisis struktur tidak mementingkan salah satu unsurnya tetapi unsur – unsur tersebut saling berhubungan antara unsur yang satu dengan lainnya. Dari pengamatan pementasan penulis dapat memberikan analisis tekstur ada hubungan yang serasi antara naskah lakond engan pementasan seperti penataan panggung, tat arias (make up) yang saling berhubungan sehingga tercipta pementasan yang baik.
Selayang pandang mengamati public atau penonton yang menyaksikan pementasan. Agak disayangkan karena kebanyakan dari penonton yang melihat adalah para wisatawan manca Negara, sedangkan wisatawan domestiknya sangat sedikit. Pengamatan tetang penonton tidak penulis bahasn karena akan menyimpang dari tujuan yang ingin dicapai.
Pad aakhir penulisan skripsi ini penulis mengambil kesimpulan bahwa pementasan Sendratari Ramayana dlam Episode hanoman Obong merupakan karya tang berbobot dan bermutu. Antara struktur dan tekstur terdapat suatu keseimbangan, keselarasan sehingga menghasilkan sebuah pementasan yang baik. Mudah – mudahan pementasan ini memberikan harapan dan panggilan bagi para penari dan pencipta seni drama tari untuk memelihara dan mnejiwainya sehingga Sendratari Ramayana menjadi suatu tradisi tahunan yang akan mejadi daya tarik bagi dunia.



Daftar Pustaka
A. Adjib Hamzah, 1985. Pengantar Bermain Drama. CV Rosda.Bandung.
Bagong Kusdiarjo, 1981.Tentang Tari, Nur Cahaya. Yogyakarta
Darsono, 1978. Pengantar Pengetahuan dan Komposisi, Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta.
Edy Sedyawati, 1981. Pertumbuhan Seni Pertunjukkan, Sinar Harapan, Jakarta.
Harymawan R.M.A., 1972, Diktat Dramaturgi, Yayasan Keluarga, Jakarta.
-------------, 1986, Dramaturgi SV Rosda bandung.
Iyus Rusliana, 1986, Pendidikan Seni Tari, Angkasa, Bandung.
Jakob Sumarjo dan Saini KM., 1986, Apresiasi Kesusasteraan, Gramedia Jakarta.
Koentjaraningrat, 1992, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, PT. Gramedia Jakarta.
Lindsya Jennifer, 1991, Klasik- kitseh konteporer Sebuah Studi Tentang Seni Petunjuk Jawa, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Luxemburg Jan Van, 1989, Pengantar Ilmu Sastra, PT. Gramedia Jakarta.
Moleong Lexy J., 1989,  Metode Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Panuti Sudjiman, 1988, Memahami Cerita Rekaan, Pustaka Jaya, Jakarta.
Slamet BA, Diktat Pendidikan Seni Tari.
Soedarsono, 1984, Gamelan, Drama Tari dan Komedi Jawa, Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara (Javanologi), Direktorat Jendral Kebudayaan P dan K.
Sri Mulyono, 1988, Wayang dan Karakter Manusia, CV Haji Masagung, Jakarta.
---------------, 1989. Wayang dan Karakter Wanita, CV Haji Masagung, Jakarta.
---------------, 1989. Simbolis dan Mistikisme dalam Wayang, CV Haji Masagung, Jakarta.
-------------, 1989. Wayang asal usul Filsafat dan Masa Depannya, CV Haji Masagung, Jakarta.
Tambajong, Japi. 1981. Dasar-dasar Dramaturgi, Pustaka Prima.
Tarigan, Henri Guntur. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra, Angkasa Bandung.
Tasman, 1974, Pengertian Kata Sendratari, Akademi Seni Karawitan, Surakarta.
Taylor Loren E., 1988. Drama dan Teater Remaja. PT. Haninda, Yogyakarta.
Teeuw A., 1988. Sastra Dan Ilmu SastraPengantar Teori Sastra, Pustaka Jaya-Giri Mukti Pustaka Jakarta.
Wellek Rene dan Warren Austin. 1982. Teori Kesusastraan (Terjemahan dari Theory of Literatur), PT. Gramedia Jakarta.
Pedoman Penulisan Skripsi. 1985. Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret.


Untuk Mendapatkan File Lengkap Hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar