INTISARI SKRIPSI
Berhasil
tidaknya proses belajar mengajar ditentukan oleh pendidik dan peserta didik
atau siswa. Apabila guru sebagai pendidik sudah melaksanakan tugasnya dengan
baik kemungkinan akan mempengaruhi keberhasilan. Peran serta peserta didik
dalam belajar, yaitu belajar di sekolah dan di rumah akan sangat membantu
tercapainya keberhasilan. Karena peserta didik adalah obyek sekaligus subyek
belajar. Semakin banyak peserta didik belajar, maka akan semakin cepat dalam
memahami pelajaran yang diberikan.
Penelitian yang
berjudul “Korelasi antara Frekuensi Belajar Siswa di Rumah dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas IV, V, VI Cawu II Tahun Ajaran 1999/2000 di SD Bongsari I
Semarang Barat” bertujuan :
Untuk
mengetahui korelasi antara frekuensi belajar di rumah dengan prestasi belajar
siswa kelas IV, V, VI Cawu II di SD Bongsari I Semarang Barat.
Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV, V, VI cawu II di SD Bongsari I Semarang Barat
tahun ajaran 1999/2000 yang berjumlah 95 siswa. Karena jumlah pupulasi kurang
dari 100, maka sampelnya sama denan jumlah populasi yaitu 95 siswa.
Adapun Variabel dalarn penelitian
ini adalah sebagai berikut :
-
Variabel bebas ( X ) yaitu Frekuensi belajar di rumah
siswa Kelas IV, V,VI catur wulan 11 di SD Bongsari Semarang Barat Tahun Ajaran
1999 /2000, yang berupa hasil angket.
-
Variabel terikat ( Y ) yaitu Prestasi belajar siswa
atau nilai rapor siswa kelas IV,V,VI cawu II di SD Bongsari Barat tahun ajaran
1999 / 2000.
Dalam
mengumpulkan data digunakan metode dokumentasi dan metode angket. Sedang sumber
data adalah data primer yang diperoleh di lapangan dan data sekunder yang
diperoleh dari buku, majalah, kepustakaan dan lain-lain.
Setelah data
diperoleh kemudian dianalisa. Dalam menganalisa menggunakan rumus Product
Moment Correlation yang dikembangkan oleh Spearman Brown dengan rumus :
Dari analisa data diperoleh hasil
yaitu 0,67 dan dikonsullasikan dengan label interpretasi nilai ( r ) adalah
kategori cukup. Sehingga apabila siswa frekuensinya belajar tinggi maka
prestasi akan baik. Dan Korelasinya disebut korelasi sebab akibat. Dengan
adanya korelasi sebesar 0,67, maka hipotesa awal yang dijukan dapat diterima.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar