BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Masalah
Kota
Surakarta yang sering juga disebut dengan kota Solo merupakan salah satu kota
yang mempunyai potensi bisnis yang sangat besar. Ditambah lagi dengan
dijadikannya bandara Adi Sumarmo sebagai bandara internasional menjadikan kota
ini semakin ramai. Selain itu kota Solo terletak dipersimpangan antara
Yogyakarta, Solo, dan Semarang atau yang sering disebut dengan persimpangan
Joglosemar. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengusaha yang
hendak mengembangkan usahanya di kota Solo ini.
Selain
letak yang strategis dari kota Solo, kota Solo juga terkenal sebagai kota
wisata dan kota budaya. Semua ini merupakan karakter yang kental dari kota Solo
yang memang tidak akan lepas dari budaya yang ada di masyarakatnya. Di kota
Solo terdapat beberapa tempat yang masih mempunyai nilai budaya yang cukup
tinggi, karena memang di kota Solo mempunyai peninggalan sejarah yang cukup
banyak. Diantaranya tempat-tempat tersebut yaitu di kota Solo terdapat Keraton
Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Keraton Mangkuneran, Taman Hiburan Sriwedari,
Taman Satwa Taru Jurug, Moseum Radya Pustaka, yang merupakan daya tarik
tersendiri yang bagi kota Solo.
Kota Solo
selain sebagai kota budaya dan tujuan wisata, kota Solo juga mempunyai
aktivitas yang sangat padat. Hal ini dapat dilihat setiap ruas jalan pada waktu
pagi dan sore harinya. Hal ini menunjukkan bagitu pesatnya aktivitas yang ada di kota Solo. Hal
ini didukung dengan adanya banyak industri, sekolah, bahkan perguruan tinggi
yang ada di kota Solo ini.
Kondisi yang demikian ini merupakan salah satu
pertimbangan yang bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya di kota
Solo ini. Dengan kondisi yang dimikian membuat kota Solo mempunyai nilai
tersendiri bagi para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik
yang hendak berkunjung ke kota Solo. Dengan banyaknya wisatawan yang datang ke
kota Solo ini membuat banyak para pengusaha atau pelaku bisnis yang berniat
untuk mengembangkan usahanya di kota ini.
Mengingat banyaknya wisatawan yang datang ke kota Solo
maka permintaan akan kebutuhan penginapan yang ada kota Solo juga mengalami
peningkatan. Dengan kondisi yang demikian maka tidak heran jika di kota Solo
ini banyak berdiri usaha-usaha penginapan-penginapan, baik yang mulai dari
wisma, pondok, losmen, sampai dengan hotel-hotel yang berbintang banyak berdiri
di kota Solo ini.
Seiring dengan semakin banyaknya agenda kegiatan baik
berskala nasionalmaupun internasional yang digelar di kota Solo, tidak heran
apabila kota Solo menjadi semakin banyak dikunjungi oleh pelaku bisnis,
wisatawan baik manca negara maupun domestik. Hal ini merupakan bukti semakin
berkembangnya kota Solo sebagai kota kunjungan wisata dan bisnis. Hal ini juga
didukung dengan adanya perkembangan pembangunan infrastruktur yang ada di kota
Solo yang semakin baik sehingga berdampak pada banyaknya investor yang ingin
mengembangkan usahanya di kota Solo.
Dengan kondisi yang seperti ini tidak heran apabila
perkembangan ini memberikan ampak terhadap usaha perhotelan yang ada di kota
Solo. The Sunan Hotel Solo sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di
bidang akomodasi perhotelan yang ada di Solo merupakan perusahaan perhotelan
yang baru, dimana dulunya bernama Quality Hotel Solo. Bergantinya nama The
Sunan Hotel merupakan bentuk keberanian pihak manajemen hotel untuk melakukan
ekspansi yang lebih bebas sehingga tidak terikat dari manajemen Quality yang
ada di pusat.
Meskipun baru saja berganti nama, namun perkembangan dan
tingkat penjualan jasa yang ada di The Sunan Hotel Solo termasuk dalam
katergori hotel yang mempunyai tingkat penjualan yang tinggi. Hal ini
dikarenakan banyak faktor yang mendukung perkmbangan dari The Sunan Hotel Solo.
Selain kondisi dan kebijakan pemerintah daerah kota Solo yang selalu gencar
dalam meningkatkan promosi daerah dan potensi daerah yang ada, The Sunan Hotel
Solo juga termasuk dalam hotel yang mempunyai aktivitas pemasaran yang sangat
baik.
Di bawah departemen publics relation yang ada
banyak sekali aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh The Sunan Hotel Solo
dalam meningkatkan tingkat penjualan produknya. Sehingga tidak heran apabila
The Sunan Hotel Solo selalu dapat memenuhi target hunian yang ditetapkan oleh
pihak manajemen hotel.
Publik relation merupakan bagian penting dari perusahaan
khususnya perusahaan perhotelan untuk lebih mendekatkan perusahaan dengan
konsumen. Publik relation sebagai ujung tombak dari perusahaan berfungsi
sebagai media perntara antara pihak perusahaan dengan masyarakat melalui
informasi yang diberikan oleh publik relation tentang perusahaan terhadap
produk perusahaan. Publik relation merupakan suatu upaya untuk menjawab
permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam rangka membangun hubungan yang
baik dengan konsumen maupun berbagai lembaga dan masyarakat demi tercapainya
tujuan perusahaan. Citra perusahaan dapat terbentuk dengan baik melalui kerja
publik relation di masyarakat. Sehingga dalam hal ini publik relation mempunyai
peran besar terhadap kelangsungan perusahaan. Publik relation juga dapat
berperan dalam mempengaruhi konsumen terhadap produk perusahaan.
Mengingat peranan penting aktivitas publik relation dalam
mempengaruhi perilaku konsumen, maka dalam penelitian ini penulis ingin
mengangkat permasalaan ini sebagai pembahasan dalam penelitian ini. Untuk itu
dalam penelitian ini penulis memberikan judul : ”PENGARUH AKTIVITAS PUBLICS
RELATION TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG MENGINAP DI THE SUNAN HOTEL SOLO (Studi
Korelasi Pengaruh aktivitas Publics Relation Terhadap Keputusan Pengunjung
Mengingat Di The Sunan Hotel Solo)”
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah di atas, maka dalam peneleitian ini penulis
merumuskan permasalahan yang hendak dibahas dalam penelitian ini, yaitu sebagai
berikut :
1.
Bagaimana aktivitas
publics relation yang ada di The Sunan Hotel Solo ?
2.
Bagaimana pengaruh
aktivitas public relation terhadap keputusan pengunjung mengingat di The
Sunan Hotel Solo ?
C.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, maka dalam penelitian ini mempunyai tujuan:
1.
Untuk mengetahui
aktivitas publics relatin mempengaruhi keputusan pengunjung untuk menginap di
The Sunan Hotel Solo.
2.
Untuk mengetahui
pengaruh aktivias publics relation terhadap keputusan menginap pengunjung di
The Sunan Hotel Solo.
D.
Manfaat
Penelitian
Penelitian
ini diharapkan bermanfaat, sebagai berikut:
1.
Meningkatkan kemampuan
penulis untuk melakukan penelitian di lapangan berkaitan dengan pengaruh
aktivitas publics relation dalam mempengaruhi keputusan pengunjung untuk
menginap di The Sunan Hotel Solo.
2.
Sebagai evaluasi
pelaksanaan peran dan fungsi public relation dalam pemasaran yang ada di The
Sunan Hotel Solo.
3.
Menambah wacana
kepustakaan yang ada di universitas guna sebagai referensi untuk penelitian
yang akan datang.
4.
Sebagai salah satu
persyaratan untuk memenuhi tugas guna memperoleh gelar Sarjana Strata 1 (S-1)
Program Studi Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Sebelas Maret Surakarta.
DAFTAR
PUSTAKA
|
Agus Sulastiyono, 1999,
Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Basu Swasta, 2000, Manajemen
Pemasaran Modern. Yogyakarta, Liberty.
Deddy Mulyana, 2007, Ilmu
Komunikasi suatu Pengantar, Bandung : Rosda Karya.
Djarwanto, Pangestu Subagyo, 2003, Statistik
Nonparametrik,. Yogyakarta, BPFE.
Engel, Jeronme F.,
Roger D. Blackwell and Paul William, Miniard, diterjemahkan oleh F.X.
Budiyanto, 1994, Perilaku Konsumen. Jilid I. Jakarta : PT. Binarupa
Aksara.
Gaspersz, 1997, Total
Quality Management, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hazil Tanzil,
Panglaykim, 1985, Manajemen Suatu Pengantar, Jakarta, Ghalia Nasution,
1987, Metodologi Riset, Bandung, Jen Masr.
Jallaludin Rahmat, 1991, Psikologi Komunikasi, Bandung : Remaja
Rosda Karya.
Jefkins, Frank, 1995, Public Relations, Jakarta : Erlangga.
M. Linggar Anggoro, 2000, Teori dan Praktek Kehumaan, Jakarta : Bumi
Aksara.
Moore, Frazir, H., 1996, Hubungan
Masyarakat Prinsip, Kasus dan Masalah. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nasution, 2001, Manajemen
Mutu Terpadu, Jakarta: Gralia Indoensia.
Raminto, Atik Septi
Winarsih, 2008, Manajemen Pelayanan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ronald Nangoi, 1988,
Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan, Edisi 1 Detakan 1,
Jakarta, Rajawali Press.
Siahaan, 1991, Komunikasi Penerapan dan Pemahaman,
Jakarta : Rineka Cipta.
Siagan, Sondang P., 2002, Manajemen
Strategi, Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsini Arikunto, 2002, Prosedur
Penelitian Suatu Teknik Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Supriyono, RS., 1998,
Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis Edisi II, Cetakan 1, Yogyakarta,
BPFE UGM.
Sutrisno Hadi, 1999, Statistik,
Yogyakarta, Fakultas Psikologi UGM.
Sutrisna, 2002, Perilaku
Konsumen, Bandung, Rosda Karya.
Vincent Gaspersz, 2001, Total Quality Management.
Jakarta Gramedia Pustaka Utama .
Widodo Muktiyo, 2006, Membangun Usaha Dengan Kekuatan Image. Yogyakarta
: Pinus.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar