ABSTRAK
Dalinah ( 30.06.3.3.132). pembentukan
Kemandirian Anak dalam Pendidikan Agama Islam Studi pada TK ABA Ngemplak Kalikotes Kabupaten Klaten. Skripsi
: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah STAIN Surakarta, September 2008.
Kata Kunci : Kemandirian Anak,
Pendidikan Agama Islam.
Dalam
Kesendirian, baik di sekolah maupun dirumahnya kita sering kali menemukan
sejumlah anak yang masih memiliki ketergantungan baik dalam cara berfikir,
bersikap maupun bertindak. Ketergantungan itu umumnya dipengaruhi oleh
tingkatan umur. Misalnya anak usia TK memiliki ketergantungan yang lebih tinggi
di banding anak SD begitu seterusnya. Meskipun demikian, tidak jarang juga
ditemukan anak pada tingkatan lebih tinggi ternyata memiliki ketergantungan
lebih disbanding anak tingkatan di bawahnya. Masalah utamanya adalah masalah
karakter dan lebih tepatnya tentang kemandirian. Dalam penelitian ini yang
menjadi masalah adalah bagaimanakah Pembentukan kemandirian Anak dalam
Pendidikan Agama Islam di TK ABA
Ngemplak, Kali Kotes, Klaten. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pembentukan kemandirian anak dalam Pendidikan Agama Islam di TK ABA Ngemplak, Kali Kotes,
Klaten.
Penelitian ini
mengunaklan pedekatan deskriptif kuakitatif, penelitian dilaksanakan pada bulan
April sampai dengan Agustus 2008. Subjek penelitian adalah guru Pandidikan
Agama Islam dari siswa, sedangkan informannya adalah Kepala Sekolah dan guru TK
ABA Ngemplak KAlokotes serta wali murid. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancar, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan ketekunan
pengamatan dan triangulasi sedangkan analisis datanya menggunakan model
analisis interaktif dengan langkah – langkah resuksi data, sajian data dan
verifikais data.
Dari hasil
penelitian pembentukan kemandirian anak dalam pendidikan aga islam di TK ABA
Ngemplak dapat disimpulkan bahwa dalam materi wudhu dan salat siswa diajarkan
mandiri dalam melipat celana dan baju, melepas sepatu dang anti baju apabila
basah kuyub, mempersiapkan dan menggunakan peralatan salat serta bertanggung
jawab dalam mengemban tugas seperti tugas untuk menjadikan imam dan makmum
dengan baik, serta makan minum sendiri tanpa meminta bantuan orang lain.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid, Dian Andayani (2004) pendidikan agama islam berbasis
kompetensi Bandung:
PT. Remaja Rosda Karya.
Ahmad D. Marimba, ( 1989) Pengantar Filsafah Pendidikan, Bandung Al Ma’arif
Ahmad Tafsir, (1991), Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung
PT. Remaja Rosydakarya.
Azhar Arsyad, (2003) Media Pembelajaran, Jakarta PT. Raja Grafindo Persada
Armei Arief (2002), Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam
Jakarta Ciputat Pers
Badudu Zain, (2001) Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta Pustaka Sinar Harapan
Depag RI (2006), Alquran dan terjemahannya, Bandung : CV Jumaanatul
ali Art
Depag RI (2004), Kurikulum 2004 Pendidikan agama
islam, Jakarta Direktorat Jenderal kelembangan agama islam
Depdiknas (2006), kurikulum 2004 standar kompetensi taman kanak –
kanak dan raudlathul athfal, Jakarta
director jenderal managemen pendidikan dasar dan menengah
Hadari Nawawi, (1996). Pendidikan Agama Islam Surabaya Al- ikhlas
HB. Sutopo (1996). Metode Penelitian Kualitatif , Surakarta. Universitas Sebelas Maret
Lexy J Moleong ( 2002), Metode Penelitian Kualitatif. Bandung Remaja Rosda
Karya
Martini Jamaris ( 2006), Perkembangan Dan Pegembangan Anak, Jakarta. Grasindo
M.Basyirun Usman, ( 2004), Metode Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta. Ciputat Press.
Moh. Uzer Usman ( 2005), menjadi guru profesionak, Bandung PT>
Remaja Rosda Karya
Muhaimin (2005), Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di
Sekolah Madrasah & Perguruan Tinggi, Jakarta
; PT . Raja Grifindo Persada.
Muhammad Ali ( 1993) Strategi Penelitian Pendidikan Bandung Angkasa
Nana Sudjana, (1989). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar :Bandung. Sinar Baru
Algensindo
Neong Mohadjir ( 1992), Suatu Pendekatan Kualitatif Bandung Rajawali Pers
Ramayulis (2005). Metodedologi
Pendidikan Agama Islam Jakarta Kalam Mulia
S. Nasution ( 1989), Kurikulum dan Pengajaran Jakarta PT Bumi Aksara
Sordijarto, (1993), Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional Jakarta
Grasindo
Sudarwan Arikunto (1992) Menjadi Peneliti Kualitatif Yogyakarta
Rake Sarasin
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar