ABSTRAK
xxxxxxxxx. Skripsi. Surakarta : Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh penggunaan
metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas
belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara
penggunaan metode kerja kelompok dan tingkat aktivitas belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Wonogiri kelas I semester genap tahun
ajaran 2005/2006. Sampel penelitian ini 79 siswa diperoleh dengan cluster
random cara undian. Data
dikumpulkan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis
variansi dua jalan dengan sel tak sama dengah uji asumsi normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh
penggunaali metode pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika
pada rata-rata prestasi belajar siswa pada pokok bahasan segiempat yang mengikuti
pembelajaran dengan metode kerja kelompok lebih baik dibandingkan dengari
rata-rata prestasi belajar siswa pada pokok bahasan. segiempat yang mengikuti
pembelajaran dengan metode konvensional, (2) terdapat pengaruh aktivitas
belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; siswa dengan aktivitas
belajar tinggi memiliki prestasi belajar matematika pada pokok bahasan
segiempat lebih baik daripada siswa yang memiliki aktivitas sedang dan rendah,
(3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar siswa
terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat.
Kata kunci :
kerja kelompok, aktivitas belajar, prestasi belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi,
Abu, 1999. Psikolagi Belajar.
Jakarta : Rineka Cipta.
Abdurrahman, Mulyono, 2003. Pendidikan Bagi Anak
Kesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Adinawan, Cholik dan Sugiyono. 1999. Matematika SLTP Kelas 1. Jakarta : Erlangga
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
________________
(2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Bahri, Djamarah, Syaiful. 2002. Guru dan Anak
Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta
Budiyono.
2000. Statistik Dasar Untuk Penelitian.
Surakarta : UNS Press.
____________ . 2003. Statitistik Dasar Untuk Penelitian. Surakarta : UNS Press.
_____________ . 2004. Statitistik Dasar Untuk Penelitian. Surakarta
: UNS Press.
Citrobroto, Suhartin. 1981 Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Dimiati, Mudjiono. 1999. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Bumi Aksara.
Peaspitasari,
Evi. 2001. Eksperimentasi Pengajaran Matematika Melalui Metode Diskusi Kelompok Ditinjau dari Aktivitas
Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar
Matematika. Surakarta
: UMS (Skripsi. Tidak diterbitkan)
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta :
Bumi Aksara.
Hasibuan dan Muedjiono. 1995. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar
Matematika. Malang : IKIP Malang
Ign
Masidyo. 1999. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Yogyakarta : Kanisius.
Marpaung,
Y. 2003. Pembelajaran Matematika Dengan pendekatan Alam. Disampaikan pada Seminar Matematika yang diselenggarakan
HMJ Matematika FKIP UMS di
Surakarta, pada tanggal 24 Februari 2003.
Nasution,S.
1995. Didaktik Asas-asas Mengajar.
Jakarta : Bumi Aksara.
Risnawati,
Nita Dwi. 2002. Eksperimentasi Pengajaran Matematika Melalui Metode
Diskusi Kelompok Disertai Tugas Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa
Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Surakarta : UMS (Skripsi. Tidak diterbitkan)
Roestiyah
N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : Rineka Cipta.
Samana, A. 1992.
Sistem Pengajaran. Kanisius.
Sardiman.
AM. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Slametto.
1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana.
2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito.
Sugiyono.
1998. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Surakhmad, Winarno.
1986. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Tirtonegoro,
Sutratinah. 1994. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Uzer Usman dan Setyawati. 1993, Upaya Optimalisasi
Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosta Karya.
Winkel. 1996.
Psikologi Pengajaran. Jakarta
: Grasindo.
Untuk mendapat file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar