BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perttimbuhan ekonomi dewasa ini semakin
mengarah ke era globalisasi, sehingga tingkat persaingan dalam dunia usaha
semakin ketat. Para pelaku ekonomi semakin dituntut peranannya untuk selalu
siap menghadapi era persaingan. Salah satu pelaku ekonomi adalah swasta. Di
rektor ini setiap perusahaan dituntut untuk mempertahankan keberadaannya
sekaligus untuk mengembangkan usahanya. Namun demikian tidaklah mudah bagi
perusahaan untuk mempertahankan sekaligus mengembangkan usahanya. Untuk itu
diperlukan suatu pengelolaan usaha yang baik.
Kompleksitas dunia usaha menuntut setiap
perusahaan untuk beroperasi secara efisien dan efektif sehingga diperoleh
pendapatan yang paling optimal dari sumber daya yang dimiliki perusahaan.
Semakin tinggi tingkat efisien dan efektifitas suatu perusahaan, maka semakin
tinggi pula daya saingnya dengan industri. Daya saing yang tinggi dapat
meningkatkan kemampuan hidup dan keberadaannya untuk mencapai hasil yang
optimal dibutuhkan kemampuan untuk mengelola perusahaan dan menjalankan setiap fungsi
dasar dari manajemen yaitu :
1.
Perencanaan (planning)
2.
Pengorganisasian. (organizing)
3.
Pengendalian (controling)
Untuk mencapai hasil yang optimal,
perusahaan harus melakukan rangkaian aktivitas yang terintegrasi dari berbagai
tingkat manajemen pada berbagai fungsi dengan jenis keputusan yang berkaitan
dengan aspek internal dan eksternal. Untuk mengoperasikan perusahaan bukan
suatu hal yang indah. Setiap aktivitas harus dikelola secara baik, perencanaan
yang matang, disiplin dalam pelaksanaan, evaluasi yang berkesinambungan atas
prestasi yang telah dicapai dari tiap tahap aktivitas. Dengan kata lain perlu
dilakukan suatu pengendalian. Pengendalian sebagai salah satu fugsi manajemen
dalam organisasi yang berfungsi untuk mengendalikan perusahaan agar melakukan rencana
yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan. Suatu sistem pengendalian
dikatakan efektif bila mampu menghasilkan informasi yang didapat dipakai untuk
dasar pengambilan keputusan, sehingga perusahaan dapat terus menjawab perubahan
operasi atau lingkungannya.
Salah satu aktivitas perusahaan yang tidak
kalah pentingnya adalah aktivitas penjualan. Penjualan suatu produk adalah
usaha yang harus dilaksanakan secara profesional untuk menghasilkan pendapatan
yang dkarapkan dan memberi nilai tambah untuk menjaga kesinambungan usaha
pengembangannya. Oleh karena itu penjualan harus dikelola secara efisien dan
efektif melalui perencanaan dan pengendalian. Efisien diartikan hubungan antara
hasil dan biaya, sedangkan efektif adalah hubungan keluaran dengan tujuan yang
ingin dicapai.
Perencanaan dan pengendalian dapat
dilaksanakan melalui sistem pengendalian manajemen yang berfokus pada
perencanaan dan pengendalian.
Perencanaan adalah suatu proses serangkaian
tindakan untuk menentukan berbagai tujuan, sasaran yang dicapai. Sedang
pengendalian adalah serangkaian tindakan untuk mengukur dan menganalisa hasil
yang telah dicapai dan tindakan koreksi.
Pengelolaan penjualan sebagai suatu kegiatan
yang dilakukan manajemen, mempunyai peranan untuk mencapai tingkat penjualan
yang tinggi pada harga tertentu dengan tingkat biaya yang wajar. Jika tidak,
maka perusahaan akan mengalami kerugian. Agar pengelolaan penjualan dapat
terlaksana, maka penerapan sistem pengendalian sesuai dengan karakteristik harus
dilaksanakan. Adapun karakteristik tersebut yaitu :
- Teknik Analisis
- Keperluan Infonnasi
- Jenis Kegiatan
Dari hasil tersebut penulis berusaha untuk
mendalami masalah yang berhubungan dengan aktivitas penjualan pada perusahaan
Genteng Sokka Kebumen serta bagaimana mengendalikan agar sesuai dengan anggaran
yang ditetapkan, atau jika memungkinkan melampauinya. Oleh karena itu penulis mengambil
judul “Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap jualan Pada Perusahaan
Genteng YN Sokka Kebumen”.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas permasalahan yang
akan diteliti dan dipecahkan dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana
penerapan sistem pengendalian manajemen pada bagian penjualan di Perusahaan
Genteng YN Sokka Kebumen ?
2. Apakah pola
pengendalian yang sistematis yang menjabarkan strategi dan tujuan perusahaan
khususnya pada bagian penjualan telah terealisasi ?
C. Batasan Masalah
Untuk membatasi ruang lingkup permasalahan
agar arab pembahasan tidak terlalu luas, penulis membatasi permasalahan pada
peninjauan atas sistem pengendalian manajemen terhadap penjualan terpadu (kredit
atau tunai) pada Perusahaan Genteng YN Sokka Kebumen. Data yang penulis
perlukan untuk pembahasan adalah data tahun 1998, 1999 dan 2000.
D. Tujuan Penelitian
- Untuk mengetahui keadaan Sistem Pengendalian Manajemen Penjualan yang ada, dalam perusahaan dan mencoba memberi altematif pemecahan masalah yang ada.
- Untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
E. Manfaat Penelitian
- Bagi perusahaan dapat dipakai sebagai informasi dan sarana perbaikan yang diperlukan perusahaan sehubungan dengan Sistem Pengendalian Manajemen Penjualan.
Bagi penulis dapat mengetahui masalah yang,
dihadapi perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan Sistem Pengendalian
Manajemen Penjualan dan dapat mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh selama
kuliah untuk membantu memecahkan masalah yang ada dalam perusahaan.
Bagi pihak lain diharapkan hasil penelitian
ini dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan bahan perbandingan bagi
perusahaan sejenis.
F. Metodologi Penelitian
Penelitian ini bersifat studi kasus yaitu,
penelitian untuk menemukan dan mengetahui permasalahan yang dihadapi perusahaan
bagian penjualan. Metode yang digunakan adalah :
- Obyek Penelitian
Perusahaan Genteng YN Sokka Kebumen.
- Data yang diperlukan
Data yang digunakan adalah :
a.
Data Primer
Yaitu data yang diperoleh secara langsung dari perusahaan kemudian
dianalisa dengan teori-teori yang ada sehingga menghasilkan data yang akurat.
b.
Data Sekunder
Yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya melainkan
sudah diolah, serta studi pustaka yang ada kaitannya dengan obyek yang
diteliti.
- Metode Pengumpulan Data
a.
Studi Pustaka
Untuk memperkuat landasan teori dan pembahasan, dilakukan penggalian,
pengumpulan, pendalaman, pengetahuan atau teori-teori dari berbagai literatur
yang berhubungan dengan masalah Sistem Pengendalian Manajemen terhadap,
penjualan.
b.
Studi Lapangan
1)
Wawancara
Dalam tahap ini dilakukan wawancara secara langsung dengan petugas
perusahaan khususnya bagian penjualan untuk memperoleh data primer.
2)
Observasi
Dalam tahap ini mengadakan pengamatan secara langsung terhadap obyek
yang sebenarnya terutama terhadap masalah yang diteliti.
3)
Dokumen
Untuk melengkapi dan mendukung data-data yang diperoleh, diperlukan
dokumen atau arsip yang dimiliki perusahaan yang berhubungan langsung dengan
permasalahan.
- Analisa Data
a.
Metode Deskriptif
Dalam metode ini penyajian data seperti yang diperoleh dari perusahaan
tanpa mengadakan penambahan ataupun pengurangan.
b.
Metode Analisis
Sesuai dengan pembahasan maka digunakan suatu analisis data yaitu :
a)
Analisa Standart Penjualan
Membandingkan prestasi penjualan masa lalu dengan prestasi penjualan masa
mendatang.
b)
Untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas
penjualan dengan Analisa Variance Penjuala
G. Sistematika Pembahasan
BAB I. PENDAHULUAN
Yang mencakup latar belakang masalah,
rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,
metodologi penelitian, sistematika pembahasan.
BAB II. LANDASAN TEORI
Mencakup pengertian sistem pengendalian
manajemen, karateristik pengendalian manajemen, struktur pengendalian
manajemen, proses pengendalian manajemen dan pengelolaan penjualan
BAB III. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Tentang sejarah umum perusahaan, lokasi
perusahaan, hasil produksi, proses produksi, struktur organisasi, penjualan,
harga, saluran distribusi, prosedur penjualan, organisasi penjualan.
BAB IV ANALISIS DATA
Dalam bab ini akan dibahas tentang evaluasi
terhadap proses pengendalian manajemen terhadap penjualan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan berdasarkan pembahasan,
analisis serta tinjauan atau sistem pengendalian manajemen terhadap penjualan
setelah memasukan antara teori yang ada dengan fakta yang diperoleh.
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar