Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Senin, 16 Januari 2012

E 335 : Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Penjualan (Studi Kasus Perusahaan Genteng YN SOKKA Kebumen


BAB I
PENDAHULUAN
           
A.    Latar Belakang Masalah
Perttimbuhan ekonomi dewasa ini semakin mengarah ke era globalisasi, sehingga tingkat persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Para pelaku ekonomi semakin dituntut peranannya untuk selalu siap menghadapi era persaingan. Salah satu pelaku ekonomi adalah swasta. Di rektor ini setiap perusahaan dituntut untuk mempertahankan keberadaannya sekaligus untuk mengembangkan usahanya. Namun demikian tidaklah mudah bagi perusahaan untuk mempertahankan sekaligus mengembangkan usahanya. Untuk itu diperlukan suatu pengelolaan usaha yang baik.
Kompleksitas dunia usaha menuntut setiap perusahaan untuk beroperasi secara efisien dan efektif sehingga diperoleh pendapatan yang paling optimal dari sumber daya yang dimiliki perusahaan. Semakin tinggi tingkat efisien dan efektifitas suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula daya saingnya dengan industri. Daya saing yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan hidup dan keberadaannya untuk mencapai hasil yang optimal dibutuhkan kemampuan untuk mengelola perusahaan dan menjalankan setiap fungsi dasar dari manajemen yaitu :
1.      Perencanaan (planning)
2.      Pengorganisasian. (organizing)
3.      Pengendalian (controling)
Untuk mencapai hasil yang optimal, perusahaan harus melakukan rangkaian aktivitas yang terintegrasi dari berbagai tingkat manajemen pada berbagai fungsi dengan jenis keputusan yang berkaitan dengan aspek internal dan eksternal. Untuk mengoperasikan perusahaan bukan suatu hal yang indah. Setiap aktivitas harus dikelola secara baik, perencanaan yang matang, disiplin dalam pelaksanaan, evaluasi yang berkesinambungan atas prestasi yang telah dicapai dari tiap tahap aktivitas. Dengan kata lain perlu dilakukan suatu pengendalian. Pengendalian sebagai salah satu fugsi manajemen dalam organisasi yang berfungsi untuk mengendalikan perusahaan agar melakukan rencana yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan. Suatu sistem pengendalian dikatakan efektif bila mampu menghasilkan informasi yang didapat dipakai untuk dasar pengambilan keputusan, sehingga perusahaan dapat terus menjawab perubahan operasi atau lingkungannya.
Salah satu aktivitas perusahaan yang tidak kalah pentingnya adalah aktivitas penjualan. Penjualan suatu produk adalah usaha yang harus dilaksanakan secara profesional untuk menghasilkan pendapatan yang dkarapkan dan memberi nilai tambah untuk menjaga kesinambungan usaha pengembangannya. Oleh karena itu penjualan harus dikelola secara efisien dan efektif melalui perencanaan dan pengendalian. Efisien diartikan hubungan antara hasil dan biaya, sedangkan efektif adalah hubungan keluaran dengan tujuan yang ingin dicapai.
Perencanaan dan pengendalian dapat dilaksanakan melalui sistem pengendalian manajemen yang berfokus pada perencanaan dan pengendalian.
Perencanaan adalah suatu proses serangkaian tindakan untuk menentukan berbagai tujuan, sasaran yang dicapai. Sedang pengendalian adalah serangkaian tindakan untuk mengukur dan menganalisa hasil yang telah dicapai dan tindakan koreksi.
Pengelolaan penjualan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan manajemen, mempunyai peranan untuk mencapai tingkat penjualan yang tinggi pada harga tertentu dengan tingkat biaya yang wajar. Jika tidak, maka perusahaan akan mengalami kerugian. Agar pengelolaan penjualan dapat terlaksana, maka penerapan sistem pengendalian sesuai dengan karakteristik harus dilaksanakan. Adapun karakteristik tersebut yaitu :
  1. Teknik Analisis
  2. Keperluan Infonnasi
  3. Jenis Kegiatan
Dari hasil tersebut penulis berusaha untuk mendalami masalah yang berhubungan dengan aktivitas penjualan pada perusahaan Genteng Sokka Kebumen serta bagaimana mengendalikan agar sesuai dengan anggaran yang ditetapkan, atau jika memungkinkan melampauinya. Oleh karena itu penulis mengambil judul “Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap jualan Pada Perusahaan Genteng YN Sokka Kebumen”.

B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas permasalahan yang akan diteliti dan dipecahkan dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.    Bagaimana penerapan sistem pengendalian manajemen pada bagian penjualan di Perusahaan Genteng YN Sokka Kebumen ?
2.    Apakah pola pengendalian yang sistematis yang menjabarkan strategi dan tujuan perusahaan khususnya pada bagian penjualan telah terealisasi ?

C.    Batasan Masalah
Untuk membatasi ruang lingkup permasalahan agar arab pembahasan tidak terlalu luas, penulis membatasi permasalahan pada peninjauan atas sistem pengendalian manajemen terhadap penjualan terpadu (kredit atau tunai) pada Perusahaan Genteng YN Sokka Kebumen. Data yang penulis perlukan untuk pembahasan adalah data tahun 1998, 1999 dan 2000.

D.    Tujuan Penelitian
  1. Untuk mengetahui keadaan Sistem Pengendalian Manajemen Penjualan yang ada, dalam perusahaan dan mencoba memberi altematif pemecahan masalah yang ada.
  2. Untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

E.     Manfaat Penelitian
  1. Bagi perusahaan dapat dipakai sebagai informasi dan sarana perbaikan yang diperlukan perusahaan sehubungan dengan Sistem Pengendalian Manajemen Penjualan.
Bagi penulis dapat mengetahui masalah yang, dihadapi perusahaan, khususnya yang berhubungan dengan Sistem Pengendalian Manajemen Penjualan dan dapat mengaplikasikan teori-teori yang diperoleh selama kuliah untuk membantu memecahkan masalah yang ada dalam perusahaan.
Bagi pihak lain diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan dan bahan perbandingan bagi perusahaan sejenis.

F.     Metodologi Penelitian
Penelitian ini bersifat studi kasus yaitu, penelitian untuk menemukan dan mengetahui permasalahan yang dihadapi perusahaan bagian penjualan. Metode yang digunakan adalah :
  1. Obyek Penelitian
Perusahaan Genteng YN Sokka Kebumen.
  1. Data yang diperlukan
Data yang digunakan adalah :
a.       Data Primer
Yaitu data yang diperoleh secara langsung dari perusahaan kemudian dianalisa dengan teori-teori yang ada sehingga menghasilkan data yang akurat.
b.      Data Sekunder
Yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya melainkan sudah diolah, serta studi pustaka yang ada kaitannya dengan obyek yang diteliti.
  1. Metode Pengumpulan Data
a.       Studi Pustaka
Untuk memperkuat landasan teori dan pembahasan, dilakukan penggalian, pengumpulan, pendalaman, pengetahuan atau teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan masalah Sistem Pengendalian Manajemen terhadap, penjualan.
b.      Studi Lapangan
1)      Wawancara
Dalam tahap ini dilakukan wawancara secara langsung dengan petugas perusahaan khususnya bagian penjualan untuk memperoleh data primer.
2)      Observasi
Dalam tahap ini mengadakan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang sebenarnya terutama terhadap masalah yang diteliti.
3)      Dokumen
Untuk melengkapi dan mendukung data-data yang diperoleh, diperlukan dokumen atau arsip yang dimiliki perusahaan yang berhubungan langsung dengan permasalahan.
  1. Analisa Data
a.       Metode Deskriptif
Dalam metode ini penyajian data seperti yang diperoleh dari perusahaan tanpa mengadakan penambahan ataupun pengurangan.

b.      Metode Analisis
Sesuai dengan pembahasan maka digunakan suatu analisis data yaitu :
a)      Analisa Standart Penjualan
Membandingkan prestasi penjualan masa lalu dengan prestasi penjualan masa mendatang.
b)      Untuk mengetahui efisiensi dan efektifitas penjualan dengan Analisa Variance Penjuala

G.    Sistematika Pembahasan
BAB I.      PENDAHULUAN
Yang mencakup latar belakang masalah, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, sistematika pembahasan.
BAB II.    LANDASAN TEORI
Mencakup pengertian sistem pengendalian manajemen, karateristik pengendalian manajemen, struktur pengendalian manajemen, proses pengendalian manajemen dan pengelolaan penjualan
BAB III.   GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Tentang sejarah umum perusahaan, lokasi perusahaan, hasil produksi, proses produksi, struktur organisasi, penjualan, harga, saluran distribusi, prosedur penjualan, organisasi penjualan.
BAB IV    ANALISIS DATA
Dalam bab ini akan dibahas tentang evaluasi terhadap proses pengendalian manajemen terhadap penjualan
BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan berdasarkan pembahasan, analisis serta tinjauan atau sistem pengendalian manajemen terhadap penjualan setelah memasukan antara teori yang ada dengan fakta yang diperoleh.


Untuk mendapatkn file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar