Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Minggu, 06 November 2011

E 063: Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Piutang dan Persediaan terhadap Rentabilitas Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) di Kabupaten Jepara Tahun 2002-2004


SARI

XXXXX 2005. Pengaruh Tingkat Perputaran Kas, Piutang dan Persediaan terhadap Rentabilitas Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) di Kabupaten Jepara Tahun 2002-2004. Jurusan Ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. 80 h.

Kata Kunci: Tingkat Perputaran Kas, Piutang, Persediaan dan Rentabilitas.
Perputaran Kas, piutang dan persediaan sebagai komponen modal kerja dapat mempengaruhi panjang pendeknya waktu terikatnya dana dalam modal kerja yang pada akhirnya akan mempengaruhi tingkat rentabilitas yang dicapai. Semkin tinggi tingkat perputaran kas, piutang dan persediaan menandakan semakin pendek waktu terikatnya modal dalam komponen modal kerja tersebut. Hal ini menunjukkan adanya efisiensi dalam penggunaan modalnya yang akan menaikkan tingkat rentabilitas yang dicapai KPRI di Kabupaten Jepara.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). Adakah pengaruh tingkat perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) di Kabupaten Jepara tahun 2002-2004 ?, (2). Seberapa besar pengaruh tingkat perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) di Kabupaten Jepara tahun 2002-2004 ? Penelitian ini bertujuan: (1). Untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh tingkat perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) di Kabupaten Jepara tahun 2002-2004, dan (2). Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh tingkat perputaran kas, piutang dan persediaan terhadap rentabilitas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia ( KPRI ) di Kabupaten Jepara tahun 2002-2004.
Populasi dalam penelitian ini adalah KPRI di Kabupaten Jepara tahun 2002-2004 yang berjumlah 46 Koperasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling (Sampel bertujuan). Sampel dalam penelitian ini adalah Laporan Keuangan KPRI yang berupa Neraca dan Laporan SHU dari dua belas (12) KPRI di Kabupaten Jepara selama tiga (3) tahun yaitu 2002-2004, sehingga sampel berjumlah 36. Ada empat variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1). Perputaran Kas (X1), (2). Perputaran piutang (X2), (3). Perputaran Persediaan (X3), dan (4). Rentabilitas Ekonomi (Y). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perputaran kas, piutang dan persediaan berpengaruh secara signifikan terhadap rentabilitas ekonomi KPRI di Kabupaten Jepara sebesar 76,9%. Variabel X1, X2 dan X3 baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap variabel Y. Saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pengurus dan manajer KPRI di kabupaten Jepara adalah hendaknya mengelola penjualan tunai dengan efisien, baik penjualan barang maupun jasa kepada anggota dengan cara meningkatkan pelayanan dan menyediakan barang yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan selera konsumen, Pengurus dan manajer KPRI di Kabupaten Jepara hendaknya lebih mengupayakan pemberian pinjaman dalam jangka waktu pendek agar penerimaan piutang dapat kembali dalam waktu satu periode. Dan bagi peneliti selanjutnya agar memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi rentabilitas ekonomi.


DAFTAR PUSTAKA 

Algifari. 2000. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta : BPFE
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Baridwan, Zaki. 1992. Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE
Departemen Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah RI. 1992. Undang- Undang No 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian
Gitosudarmo, Indriyo. 1999. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Liberty
Hiro Tugiman. 1995. Akuntansi Untuk Badan Usaha Koperasi. Yogyakarta : Kanisius
J. Supranoto. 2000. Teknik Sampling Untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Rineka Cipta
Kamaruddin, Ahmad. 1997. Dasar-Dasar Manajemen Modal Kerja. Jakarta: Rineka Cipta
Munawir, S. 2001. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta : Liberty
Nitisemito Alex. 1979. Pembelajaran Koperasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Riyanto, Bambang. 1999. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Jakarta : Ghalia Indonesia
Sudjana. 1996. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung: Tarsito
Sumodiningrat, G. 1999. Ekonometrika Pengantar. Yogyakarta : BPFE
Sumarno, Bektiningrum. 2002. Pengaruh Perputaran Modal kerja terhadap Rentabilitas pada Koperasi Baitul Mal Wattamwiil ( BMT ) Kabupaten Semarang tahun 2000-2001. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial, UNNES
Widjajatunggal, Amin. 1995. Kamus Akuntansi. Jakarta : Rineka Cipta
Yusniastuti, Lily. 2003. Pengaruh Perputaran Modal kerja terhadap Rentabilitas pada KP-RI di Kabupaten Tegal tahun 1999-2001. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial, UNNES

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar