Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Jumat, 04 November 2011

PTK SMA 024: Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (Ipas) Pokok Bahasan Kimia Lingkungan Melalui Pembuatan Film Tentang Pencemaran Lingkungan Sekitar


ABSTRAK

Lingkungan hidup di Indonesia  masih merupakan masalah yang krusial. Hal ini dapat kita saksikan setiap hari seperti kegiatan dan perilaku masyarakat dan industri yang menghasilkan sampah, limbah cair, dan emisi terhadap lingkungan. Alternatif  penyelesaian permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan dan pembinaan pada pendidikan formal (pendidikan dasar, menengah, dan tinggi), non formal (lingkungan masyarakat), dan informal (rumah tangga) yang melibatkan unsur pusat dan daerah. Menangani pendidikan dan pembinaan pada ketiga bentuk pendidikan tersebut memerlukan kebijakan, program dan pendanaan, partisipasi dan  kerjasama semua pihak untuk menyelesaikan masalah lingkungan di Indonesia.
Pendidikan Lingkungan Hidup adalah suatu mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Semarang dan terintegrasi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar. Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) di dalamnya terdapat pokok bahasan Kimia Lingkungan. Pokok bahasan Kimia Lingkungan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan sikap peserta didik dalam menjaga lingkungan hidup
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film  tentang pencemaran lingkungan sekitar  dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan. Dapat dilihat dari skor rata-rata minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan sebesar 28,78 berarti lebih besar dari skor  pada kriteria keberhasilan minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan yaitu 25.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film  tentang pencemaran lingkungan sekitar  dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Dapat dilihat dari skor rata-rata kepedulian siswa terhadap lingkungan sebesar 29,47 berarti lebih besar dari skor  pada kriteria kepedulian siswa terhadap  lingkungan yaitu 25.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film  tentang pencemaran lingkungan sekitar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Dapat dilihat dari skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 29,79 berarti lebih besar dari skor  pada kriteria keberhasilan performans (unjuk kerja) siswa  yaitu 25.
Inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan Kimia Lingkungan melalui pembuatan film tentang pencemaran lingkungan sekitar  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari  peningkatan nilai rata-rata ulangan harian dari sebelumnya 5,81 menjadi 7,98, sehingga ada peningkatan 2,17.
Siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebanyak 84,38 %. atau lebih dari 80%. Jadi penelitian ini berhasil karena melewati batas kriteria keberhasilan yaitu 80%.


DAFTAR PUSTAKA

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press
Ernavita. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Sistem Penilaian Kurikulum 2004 SMA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional..
Parus, dkk. 2004. Konsep PLH pada Dikdasmen sebagai suatu gagasan. Disampaikan dalam TOT PKLH Dikdasmen tanggal 27 september – 3 Oktober 2004 di PPPG Kejuruan Jakarta.
Purba, Michael. 1995. Ilmu Kimia Untuk SMU Kelas 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Sutresna, Nana. 1988. Kimia SMA Kelas 3. Bandung : Ganeca Exact.
Tim Penulis Kimia. 1995. Kimia Kelas 2 SMU. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Tim Penyusun Kimia. 2003. Kimia Kelas 2 SMU. Klaten : Intan Pariwara.
Tim Redaksi. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Warkitri, Anifah, S.W, Chasiyah dan Legowo, E. 1990. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta : Karunika UT.

Untk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL


Tidak ada komentar:

Posting Komentar