Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 03 November 2011

PTK SMA 021 :PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PEMBERIAN TUGAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN MUTAKHIR SEJARAH DUNIA BAGI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 NGUTER SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK

               Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dan pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia bagi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Nguter Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009.

            Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Nguter Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu bulan Pebruari 2009 sampai dengan Maret 2009 Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Nguter Sukoharjo pada kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.

                Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas: Pada pra siklus siswa yang tuntas adalah 13 dari 40 siswa atau 32,5% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran adalah 27 dari 40 siswa atau 67,5%. Penguasaan materi Sejarah sesudah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus I: Siswa yang tuntas adalah 31 dari 40 siswa atau 77,5% dan siswa yang tidak tuntas adalah 9 dari 40 siswa atau 22,5%. Pada siklus II Siswa yang tuntas sebanyak 37 atau 92,5% dan siswa yang tidak tuntas adalah 11 atau 7,5%, sehingga ketuntasan 92,5% > 7,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka hipotesis tindakan yang mengatakan “Dengan metode diskusi dan pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia  pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Nguter Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009”, terbukti kebenarannya

DAFTAR PUSTAKA

 
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. Drs. Dip. Ed dan Moedjiono, Drs., 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Sejarah. Malang : IKIP Malang.
Kusmana Pachrudin, E., Drs., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung PErsada Pres.
Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta :  UNS Press.
Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Sejarah. Solo : Sindhunata
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan,
Sriyono, Drs., dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar