ABSTRAK
Tujuan
Penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dan pemberian
tugas dapat meningkatkan prestasi belajar Sejarah pada Materi Pokok
Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia bagi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1
Nguter Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Nguter Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu bulan Pebruari 2009 sampai dengan Maret 2009 Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Nguter Sukoharjo pada kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan
Kelas: Pada pra siklus siswa yang tuntas adalah 13 dari 40 siswa atau 32,5% dan
siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran adalah 27 dari 40 siswa atau 67,5%.
Penguasaan materi Sejarah sesudah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus
I: Siswa yang tuntas adalah 31 dari 40 siswa atau 77,5% dan siswa yang tidak
tuntas adalah 9 dari 40 siswa atau 22,5%. Pada siklus II Siswa yang tuntas
sebanyak 37 atau 92,5% dan siswa yang tidak tuntas adalah 11 atau 7,5%,
sehingga ketuntasan 92,5% > 7,5%. Berdasarkan hasil
penelitian, maka hipotesis tindakan yang mengatakan “Dengan metode diskusi dan pemberian tugas dapat
meningkatkan prestasi belajar Sejarah pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir
Sejarah Dunia pada siswa kelas XII IPS
SMA Negeri 1 Nguter Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009”, terbukti
kebenarannya
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur.
Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan,
Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. Drs. Dip. Ed dan Moedjiono, Drs., 2000, Proses Belajar
Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Sejarah. Malang
: IKIP Malang.
Kusmana Pachrudin, E., Drs., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas,
Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.
Jakarta : Gaung PErsada Pres.
Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar Mengajar,
Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan
Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas
Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta
: UNS Press.
Siti
Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Sejarah. Solo : Sindhunata
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan,
Sriyono, Drs., dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA,
Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
UU No. 2
Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winkel. W.S
1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar