ABSTRAK
Rendahnya percaya diri siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
berdampak pada kemampuan siswa berinteraksi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian
ini untuk meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran
materi Biologi di kelas X SMA 4 Madiun Penelitian Tindakan Kelas dipilih dalam
rangka memperbaiki, meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran dan hasil pembelajaran di kelas dengan fokus
tehnik pembelajaran everyone is a teacher
here. Sebagai indikator peningkatan Interaksi pembelajaran siswa dalam
pembelajaran materi Biologi adalah siswa aktif saling berkomunikasi antar siswa
dan guru, baik secara lisan maupun tertulis, dengan cara mengajukan pertanyaan,
menjawab pertanyaan dan memberikan gagasan, siswa dapat
berinteraksi/memanfaatkan sumber belajar secara maksimal dalam proses
pembelajaran.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam
penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran,
hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama, siklus
kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tehnik pembelajaran
everyone is a teacher here dapat meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa
dalam pembelajaran materi Biologi dan memperkecil tingkat kesulitan siswa untuk
bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses
pembelajaran, sehingga dapat
meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Interaksi pembelajaran, pembelajaran everyone is a teacher here.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan standar
kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003,
Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.
C. Asri Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta, Jakarta.
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang,
Universitas Muhammadiyah,Malang.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa
aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia, Bandung.
M. Sobry Sutikno,2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana
mengupayakannya, Mataram, NTP Pres, Mataram.
Sardiman. A.M, 2004, Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta,
PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.S.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar
dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara, Jakarta.
Suharsini Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi. Prof, 2006,
Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara,
Jakarta.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas,
PT Insan Cendekia, Bandung.Sudikin, Basrowi, Suranto, 2002, Psychologi Belajar,
Bandung, Insan Cendekia, Bandung
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam
Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta, Jakarta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran,
Penerbit ALFABETA, Bandung.
Totok Djuroto.Drs.M.Si, Bambang Suprijadi.Drs. M.Si, 2003, Menulis
Artikel dan Karya Ilmiah, Bandung, Remaja
Resdokarya, Bandung.
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar