ABSTRAK
xxxxxxxxxxx. Pemanfaatan Media Judul judul Berita
Surat Kabar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana iImiah Siswa pada
Kelas XI-L4.5 SMA Negeri 1 Sragen (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi. Surakarta:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta,
April 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
menulis wacana ilmiah siswa dengan memanfaatkan media judul-judul dari surat
kabar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
komparatif dan analisis kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI-IA.S SMA Negeri 1 Sragen. Sumber data yang digunakan adalah informan dan
dokumen. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi: (1) wawancara, (2)
observasi, (3) dokumen, dan (4) tes. Uji validitas data yang digunakan adalah
trianggulasi sumber. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mempunyai bentuk siklus. Langkah-langkah
dalam siklus tersebut terdiri dari planning (perencanaan), acting (pelaksanaan),
observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi).
Penelitian ini diawali dengan suvei awal dan wawancara untuk
mengetahui kondisi awal. Kdndisi awal yang terjadi pada siswa kelas XI-IA.S SMA
Negeri I Sragen masih tergolong rendah. Hal itu disebabkan karena kurangnya ide
kreativitas dan wawasah yang dimiliki oleh siswa yang rnerupakan titik lemah
dalam membuat wacana ilmiah terutama dalam menentukan ide atau gagasan, terra
atau topik, membuat judul, dan pemilihan kata-kata yang akan dituangkan dalam
tulisan. Minimnya waktu urrtuk penyampaian materi kebahasaan juga menjadi salah
satu penyebab lemahnya keterampilan siswa dalam menulis ilmiah.. Setelah
mengetahui kondisi awal, guru memberikan perlakuan dalam menulis wacana ilmiah
dengan memanfaatkan media judul judul berita dari sutar kabar yaitu Kompas
edisi Desember 2007 dan Januari 2008, tentang pendidikan. Materi pelajaran yang
diberikan adalah diksi, EYD, koheren dann kohesifitas kalimat dan paragraf,
kerangka karangan, dan sistematika penulisan wacana ilmiah. Pemberian materi
diberikan secara bertahap dalarn dua siklus yang dilakukan dalam tiga
pertemuan.
Penelitian ini berkesimpulan; Pertama, penelitian ini
dilakukan sebanyak dua siklus yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan.
Peningkatan proses ya g terjadi ditrmjukkan dengan keaktifan siswa dalam
pembelajaran dan keseriusan atau semangat siswa dalam mengikuti pelajaran
menulis wacana ilmiah dengan menggunakan media kumpulan judul-judul berita dari
surat kabar. Kedua, penelitian ini dilakukan untuk meningkatakan
keterampilan menulis ilmiah siswa dengan memanfaatkan media judul judul berita
dari surat kabar. Peningkatan yang terjadi cukup memuaskan terkait dengan
hasil. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menulis
wacana ilmiah yang pada observasi awal nilai menulis siswa masih banyak yang di
bawah 70 dan setelah diadakan tindakan, padaa siklus I nilai rata-rata siswa
66,67 menjadi 80,625 pada siklus II.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdullah
Ambary. 1983. Bahasa Indonesia: Tata Karangan Ilmiah untuk SMA dan SMTA. Bandung: Djantika.
Agus
Suriamiharja, Akhlan Husein, dan Nunuy Nurnajah.1996. Petunjuk Praktis
Menulis. Jakarta:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SUP Setara D-III tahun 1996/1997.
Akhadiah,
Sabarti, Maidar G. Arsjad, Sakura H. Ridwan. 1999. Pembinaan Kemampuan
Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
Alex
Sobur. 2004. Analisis Teks Media.
Bandung: Remaja Rodakarya.
Amir
Fuady. 2001. Pengembangan Model Pembelajaran Menulis untuk Meningkatkan
Keterampilan Memulis Siswa:
Penelitian Tindakan di Sekolah Menengah Umum Negeri I Karanganyar. Tesis.
Surakarta.
Antar
Semi. 1990. Menulis Efektif. Padang:
Angkas Raya.
Anwar
Hasnun. 2004. Pedoman don Petunjuk Praktis Karya Tulis: puisi, Artikel, Makalah,
Laporan, Surat Dinas. Yogyakarta:
Absolut.
Andi
Baso Mappatoto. 1999. Teknik Penulisan Feature (Karangan Khas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Asep
Syamsul M. Romli. 2005. Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arief
S. Sadimar., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2007. Media Pendidikan:
Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin,
E. Zaenal. 1998. Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Azhar
Arsyad. 2006. Media Pembeiajaran.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azies
dan Alwasilah. 1996. Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Burhan
Nurgiantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Fachrudin
Ambo Enre. 1988. Dasar-dasar. Keterampilan Menulis. Jakarta: Direktorat Jederal
Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Gorys
Keraf. 2001. Komposisi. Semarang:
Bina Putra.
Habu
Wahidji. 1985. Kemampuan Berbahasa Indonesia (Membaca dan Menulis) Murid
Kelas VI Sekolah Dasar di Daerah Gorontalo. Jakarta: Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Haris
Sumadiria. 2005. Menulis Artikel dun Tajuk Rencana: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis
Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.-
Lasa
Hs. 2005. Manajemen Perpustakaan.
Yogyakarta: Gama Media.
Miles,M.R.
dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjejep Rohendi. Jakarta: UI-Press.
Muhammad
Suyatno. 2001. Pembelajaran Keterampilan Menulis di Sekolah Dasar: Studi
Kasus pada SD Negeri Wonogiri 6.
Tesis. Surakarta.
Mukayat
D. Brotowidjoyo. 1988. Penulisan Karangan llmiah. Jakarta: Akademika Presindo.
Mulyana.
2005. Kajian Wacana: Teori, Metode dan Aplikasi Prinsip prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Robertus
Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran: Mempengaruhi
Motivasi, Hasil Belajar dan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.
Rochiati
Wiriaatmadja. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarwiji
Suwandi. 2007. Meneretas Jalan Menuju Peningkatan Minat dan Budaya Baca
Pelajar dan Masyarakat. Surakarta.
Soeparno.
1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta.
Intan Pariwara.
Suharsimi
Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. „
Sumarlam.2005.
Teori dan PraktikAnalisis Wacana.
Surakarta: Pustaka Cakra.
Tarigan,
Henry Guntur. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
The
Liang Gie. 1992. Pengantar Dunia Karang-mengarang. Yoyakarta: Liberty. Umar Nur Zain. 1992. Penulisan Features. Jakarta: Pustaka
Sinar Harapan.
Yunita
T. Winarto, Totok Suhardiyanto, dan Ezra M. Choesin. 2004. Karya Tulis
Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar