ABSTRAK
Berawal dari
rendahnya pemahaman siswa dan bosannya siswa dengan pembelajaran konvensional
di dalam kelas, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran dengan penggunaan
ruang multi media. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan pemahaman
Materi Pokok Desain Penelitian Sosial pada siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1
Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini
mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan
yaitu dari tanggal 01 Pebruari 2009 s. d. 31 Maret 2009. Subyek dalam
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas XII IS 1 Tahun
Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis
diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah: Pada pra siklus sebanyak siswa yang tuntas 32,4%
atau 11 dari 34 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 23 dari 34 siswa atau
67,6%. Pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 19 dari 34 siswa atau 55,9%
Terdapat peningkatan 23,5% dari sebelum diadakan perbaikan dan siswa yang tidak
tuntas adalah 15 dari 34 siswa atau 44,1%. Penguasaan materi Sosiologi sesudah
diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II
adalah: siswa yang tuntas 32 dari 34 siswa atau 94,1%. Terdapat
peningkatan 38,2% dari siklus I dan siswa yang tidak tuntas adalah 2 dari 34
siswa atau 5,9%. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari pra siklus ke
siklus I dan dilanjutkan ke siklus II, maka hipotesa yang mengatakan
“Penggunaan Penggunaan Ruang Multi Media dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi
pada materi pokok Desain Penelitian Sosial siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1
Madiun semester II Tahun Pelajaran 2008/2009” terbukti kebenarannya.
|
Arikunto. S. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka
Cipta.
-------------. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta
: Bumi Aksara.
Darhim. 1993. Workshop Kimia. Jakarta : Depdikbud.
Darsono. Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang :
IKIP Semarang Press.
Hartono. 1991. Metode Belajar. Semarang : IKIP Semarang Press.
Kurniadi. A. 1999.
Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.
Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Rahadi. Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional.
|
Tatang Sutarsa. 1996. Kimia 1. Jakarta : Penerbit Yudhistira.
Tim MKPBM. 2001. Proses Belajar Mengajar. Semarang : IKIP
Semarang Press.
Tim Redaksi. 2001. Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Winkel. WS. 2005. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media Abadi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar