INTISARI
Penelitian ini
dilakukan untuk menguji perbedaaan bahasa iklan ramah lingkungan dan bahasa
iklan finasial dalam mempengaurhi sikap terhadap iklan dan minat untuk memberi
produk lemari es “Thosiba” serta menguji responden dukungan dan penolakan yang
diberikan terhadap produk lemari es “Thosiba”.
Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu pengambil
sampel dengan tujuan tertentu namun tetap representative. Sampel diambil dari
daerah istimewa Yogyakarta yang berjumlah 120 responden. Data dikumpukan dengan
menggunakan teknik penyebaran kusioner. Metode analisis data dalam penelitian
ini menggunakan uji t dan analisis varians (ANOVA).
Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah
bahwa ada perbedaan yang signifikan (Sig. t = 0,019) antara bahas aiklan yang
ramah lingkungan dan bahas aiklan finasial dalam mempengaruhi minat beli produk
ramah lingkungan bagi konsumen yang mempunyai perhatian tinggi terhadap
lingkungan. Tidak ada perbedaaan yang signifikan (Sig. t = 0,455) antara bahasa
iklan yang ramah lingkungan dan bahasa iklan financial dalam mempengaruhi sikap terhadap
iklan produk ramah lingkungan bagi konsumen yang mempunyai perhatian tinggi terhadap
lingkungan. Tidak ada perbedaan (Sig. t = 0,680) yang signifikan antara bahasa
iklan yang ramah lingkungan dan bahasa iklan finasial dalam bagi konsumen yang
mempunyai perhatian tinggi terhadap lingkungan. Bahasa iklan yang ramah
lingkungan mempengaruhi lebih tinggi minat beli dan sikap terhadap iklan produk
ramah lingkungan bagi konsumen yang mempunyai perhatian rendah terhadap
lingkungan dibandingkan dengan pengaruh yang diberikan oleh bahasa iklan
financial. Bahasa iklan yang ramah lingkungan memberikan responden dukungan dan
respon penolakan lebih kecil dibandingkan bahasa iklan finasial bagi konsumen
yang mempunyai perhatian rendah terhadap lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA
Djayakusumah, Tams. 1982. Periklanan. Bandung : Armico
Eladi, Sutrisno. (1988). Metodologi Research. Yogyakarta : Andi
Offset.
Kasali, Rhenald. 1992. Manajemen Periklanan
Konsep dun Aplikasinya di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.
Kotler, Philip. 1991. Manajemen Pemasaran
Analisis, Perencanaan dan Pengendalian.
Jilid l. Jakarta.: Erlangga.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 1996. Dasar-dasar pemasaran. Jilid 2. New Jersey : Simon & Schuster
Pte. Ltd
Melody E. Schuhwerk & Roxanne Lefkoff-Haigus.
1995. Green
or Non-Green? Does Type of Appeal Matter When Advertising a Green Product?. Journal of Advertising, Volume
XXIV, Number 2.
Ogilvy, David. 1987. Pengakuan Orang Iklan. Jakarta : Pustaka
Tangga.
P. Guiltinan, Joseph & W. Paul, Gordon. 1987. Strategi
dan Program Manajemen Pemasaran.
Jakarta: Erlangga.
Santoso, Singgih. 2000. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex
Media Komputindo.
Santoso, Singgih & Tjiptono, Fandy. 2001.
Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta : Elex
Media Komputindo.
Winardi. 1992. Promosi dun Reklame. Bandung : Mandar Maju
untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar