ABSTRAK
xxxxxxx Peningkatan
Ranah Kognitif dan Afektif Peserta Didik Kelas X-6 SMA ABC Pada Mata Pelajaran
Sejarah Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Model P a S A (Pictures and Student
Active)
Kata Kunci : peningkatan ranah kognitif dan afektif, CTL, Picture and
Student Active
Dalam
rangka meningkatkan pembelajaran sejarah serta menghilangkan kesan bahwa
pelajaran sejarah hanya bersifat hapalan saja, maka perlu diupayakan metode
yang dapat memotivasi untuk menuntaskan materi dengan baik. Pengembangan
kurikulum mengacu kepada siswa sebagai pusat sumber belajar, sehingga dalam
strategi pembelajaran sejarah diharapkan siswa dapat menguasai konsep atau
materi secara proporsional.
Pada penelitian ini
dipergunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK). Tujuan yang utama dari penelitian ini adalah mencoba melihat berbagai
kemungkinan upaya peningkatan ranah kognitif dan afektif peserta didik kelas X-6
SMA ABC pada mata pelajaran sejarah melalui pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dengan model P a S A (Pictures
and Student Active). Riset ini berlangsung pada semester II tahun pelajaran
2006/2007, dilakukan dengan 2 siklus. Proses pembelajaran dengan pendekatan CTL
melalui model PaSA dilaksanakan dengan tahapan (1) pembagian kelompok kecil (2)
siswa mendeskripsikan gambar-gambar (3) menelaah dan menganalisis setiap gambar
(4) mendiskusikan gambar-gambar tersebut (5) melakukan presentasi lisan (6)
melaksanakan post tes berupa quiz dan soal-soal obyektif/subyektif.
Hasil penelitian
menunjukan bahwa hasil pembelajaran dengan model PaSA dapat meningkatkan proses
dan hasil belajar. Pada siklus 1 kelas X-6 yang berjumlah 44 siswa yang tuntas
belajar adalah 36 siswa ( 81.81 % ) sedangkan
yang tidak tuntas 8 siswa ( 18.18 % )
pada siklus 2 terjadi peningkatan yang signifikan yaitu siswa tuntas 100 %.
Perbaikan kualitas
pendidikan dimulai dari perbaikan kualitas pengajaran, tersedianya sarana dan
prasarana yang memadai namun hal ini juga harus ditunjang dengan kualitas
siswa. Komponen dalam sistem ini saling terkait dan terpadu mempengaruhi
variabel-variabel peningkatan hasil pembelajaran. Penelitan ini bertujuan
mencari bentuk pendekatan proses belajar mengajar dengan model pembelajaran
tertentu yang sesuai dengan karakteristik pelajaran sejarah di SMA ABC
DAFTAR PUSTAKA
----------.1988.Garis-garis Besar Haluan Negara.
Jakarta:Sekretaris Negara
Hariyono.1998.Memahami Sejarah dalam Pembelajaran. Malang : IKIP MALANG
Kemmis,S&MC Taggart
R.1988. The Action Research
Planner. Victoria
: Deakin University Press
Kartodirdjo.S.1993. Pendekatan
Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta : PT.Gramedia
Kasbollah, Kasihani.1999. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Sains.
Malang : RUT VI LIPI.
Moleong, L,J.1994. Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Notosusanto, N.
1985. Sejarah Nasional Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Suryabrata, S.1992. Metodologi Penelitian. Jakarta : CV Rajawali
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar