ABSTRAK
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk
mempersiapkan generasi di masa depan, pemerintah selalu berusaha untuk
meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai cara seperti mengganti
kurikulum, meningkatkan kualitas guru melalui penataran-penataran atau
melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. UU no. 20 tahun 2003 tentang
sistem pendidikan nasional, pasal 3 menyatakan bahwa ; “Pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa kepada
Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi
warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Negara berkembang selalu
berusaha untuk mengejar ketinggalannya, yaitu dengan giat melakukan pembangunan
di segala bidang kehidupan.
Proses belajar mengajar kelas X/2 SMA N 4 Madiun
terhadap pelajaran Biologi dalam 2 kali ulangan rata – rata masih ada siswa
yang belum penguasaan materi sebesar. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran
didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang didukung dengan metode yang
sesuai dan menarik perhatian siswa. Hal inilah yang mendorong perlu adanya
perbaikan pembelajaran.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen
yang terlibat dalam penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data
kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap
pelaksana proses pembelajaran, hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra
penelitian, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data
dilakukan melalui teknik analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tehnik pembelajaran dengan
menggunakan media demontrasi dengan menggunakan media pembelajaran SEQIP
misalnya : gambar/sketsa dapat meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran
materi Biologi dan memperkecil tingkat kesulitan siswa untuk bertanya, menjawab
pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat
meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa,
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengguasai teori dan praktek.
Kata kunci : Interaksi pembelajaran, Media
demontrasi, Media SEQIP, percobaan.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaena. (1990).
Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam.
Solo : Sindhunata
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan,
Jakarta :
Rajawali
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Ilmu
Pengetahuan Alam . Jakarta : Ditjen
Dikdasmen D2 Karunika UT
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Yohanes Surya (1997), Olympiade, Jakarta : Galaxy.
Daniel Muijs dan David
Reynolds 2000. EffectiveTeaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke -2 ) Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Gagne, Robert M and
Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd
Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Untk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar