BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Tujuan perusahaan pada umumnya untuk mencapai laba. Dalam
proses pencarian laba diperlukan strategi-strategi yang harus dipersiapkan oleh
perusahaan. Keberhasilan perusahaan dalam mencapai suatu tujuan sangat
tergantung pada ketepatan manajemen dalam mengambil keputusan. Tuntutan ini
semakin nyata sesuai dengan perkembangan perekonomian dan teknologi. Dengan
adanya perkembangan tersebut akan menyebabkan munculnya perusahaan-perusahaan baru
yang menghasilkan produk sejenis, sehingga akan mengakibatkan persaingan yang
semakin ketat, demikian juga suatu lembaga yang berorientasi pada pelayanan
masyarakat maka masyarakat juga ibarat sebagai konsumen.
Oleh sebab itu
seorang pimpinan suatu lembaga yang berorientasi terhadap pelayanan
dalam usaha mencapai tujuan haruslah mampu melaksanakan fungsi manajemen dengan
baik, yaitu meliputi perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian serta
pengawasan. Jadi manajemen mempunyai peranan yang sangat besar dalam usaha
mencapai tujuan perusahaan. Adapun tujuan perusahaan secara umum adalah
mencapai laba dengan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang dimiliki
perusahaan. Untuk merealisir tujuan tersebut strategi bersaing merupakan salah satu fungsi
perusahaan
yang mampu membantu memasarkan produk-produk yang dihasilkannya.
Dalam menjalankan kegiatan pemasaran untuk menjangkau para konsumen diperlukan pelayanan serta
penentuan tarif yang sesuai dengan kemampuan masyarakat. Dalam perkembangan
dunia bisnis, persaingan bukanlah suatu hal yang aneh. Perkembangan perusahaan juga
tidak lepas dari masalah persaingan.
Persaingan dapat mendorong atau menghambat perkembangan suatu perusahaan
tergantung dari sifat persaingan itu sendiri. Persaingan yang sehat akan mendorong perkembangan suatu
perusahaan. Sebaliknya persaingan yang tidak sehat justru akan menghambat suatu
perusahaan. Hal itu disebabkan karena kemampuan suatu perusahaan berbeda dengan
perusahaan lainnya, maka strategi bersaing yang dijalankan akan berbeda pula dalam
menghadapi persaingan.
Untuk menentukan kebijaksanaan terhadap pelayanan maupun
penentuan tariff pada Puskesmas
diperlukan kebijakan yang tepat sehingga para anggota masyarakat yang membutuhkan pelayanan mempunyai
kemampuan serta memperoleh pelayanan yang sepadan dengan kemampuannya.
Bertolak dari uraian
tersebut di atas penulis mencoba menganalisis pengaruh pelayanan
serta kenaikan tarif terhadap sikap masyarakat dalam hal ini konsumen sebagai
orang yang dilayani. Selanjutnya penulis dalam meneliti mengambil judul tentang
"ANALISIS PENGARUH PELAYANAN DAN KENAIKAN TARIF TERHADAP SIKAP KONSUMEN
PADA PUSKESMAS WONOGIRI I DI WONOGIRI "
B.
Perumusan
Masalah
1.
Apakah ada pengaruh yang signifikan
antara pelayanan terhadap sikap konsumen Puskesmas Wonogiri I di Wonogiri ?
2.
Apakah ada pengaruh yang signifikan
antara kenaikan tarif terhadap sikap konsumen Puskesmas Wonogin I di Wonogiri ?
3.
Apakah ada pengaruh yang signifikan
secara bersama-sama antara pelayanan dan kenaikan tarif terhadap sikap konsumen
pada Puskesmas Wonogiri I di Wonogiri ?
C. Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk
mengetahui signifikansi pengaruh pelayanan terhadap sikap konsumen pada
Puskesmas Wonogiri I di Wonogiri.
2.
Untuk mengetahui signifikansi pengaruh
kenaikan tarif terhadap sikap konsumen pada
Puskesmas Wonogiri I di Wonogiri.
3.
Untuk
mengetahui signifikansi pengaruh secara bersama-sama antara pelayanan dan
kenaikan tarif terhadap sikap konsumen pada Puskesmas Wonogiri I di Wonogiri.
D. Kegunaan
Penelitian
Penelitian ini diharapkan mempunyai kegunaan sebagai berikut
;
1.
Bagi Peneliti
Dapat digunakan sebagai bahan pcrbandingan antar teori yang
sudah dipelajari dengan dunia nyata
khususnya yang berkaitan dengan pengaruh pelayanan dan kenaikan tarif
terhadap sikap konsumen.
2.
Bagi Puskesmas Wonogiri
Dapat digunakan oleh pimpman Puskesmas sebagai bahan
pertimbangan dalam rangka merumuskan kebijaksanaan yang paling tepat yang
berkaitan dengan pelayanan dan kenaikan tarif.
3.
Bagi Pihak Lain
Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan
sumbangan pemikiran baik bagi
para teoritisi maupun bagi para praktisi khususnya yang berkaitan dengan pelayanan
maupun kenaikan tariff PUSKESMAS Wonogiri I.
DAFTAR
PUSTAKA
Basu
Swastha DH, 1994, Azas-azas Marketing, Liberty, Yogyakarta.
Basu
Swastha DH dan T. Hani Handoko. 1997, Manajemen Perusahaan ModeRN, Liberty,
Yogyakarta.
Djarwanto Ps, 1996, Mengenal
Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Liberty, Yogyakarta.
Fakultas Ekonomi UNISRI, 2001, Peraturan
Umum dan Pedoman Penyusunan, Sknpsi, Fakultas Ekonomi UNISRI,
Surakarta.
Koentjaraningrat, 1997, Sekapur
Sirih, Tarsito Bandung-
Kotler, Philip, 1991, Manajemen
Pemasaran. Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.
Radio Sunu, 1986, Marketing
Manajemen, BPFE. Yogyakarta.
WJ Stanton, 1996, Manajemen
Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Zainal Mustafa El Qodri, 1995, Pengantar
Statistik Terapan Untuk Ekonomi, BPFE-UII, Yogyakarta.
untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
Tidak ada komentar:
Posting Komentar