ABSTRAKSI
xxxxxxxx “PENGGUNAAN
STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL MATERI MEMAHAMI KEHIDUPAN SOSIAL MANUSIA PADA SISWA KELAS X
/ IB/ AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010“
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran
yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi memahami kehidupan sosial
manusia bagi siswa kelas X / IB/ Akuntansi 2 di SMK Negeri 1 Sukoharjo dengan cara penggunaan metode pembelajaran
aktif. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus
dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan
siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan
kepada siswa.
Yang menjadi subjek pada
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa X / IB/ Akuntansi 2 di SMK Negeri 1
Sukoharjo sedang objeknya adalah
pembelajaran IPS diajarkan dengan cara menggunakan metode pembelajaran aktif
Dari penelitian yang diadakan
dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan
hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan
hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan
penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 15 %
dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I setelah dilakukan tindakan
pada siklus II meningkat sebear 25 %.
Dari Hasil penelitian tindakan
kelas ini maka peneliti merekomendasikan pada pengambil jabatan ataupun
pelaksana pembelajaran dalam hal ini yaitu pengajar untuk mengajarkan materi
pembelajaran dalam kelompok kecil dan dengan tehnik pembelajaran aktif.
Keyword
1.
Metode Pembelajaran aktif
2.
Ilmu Pengetahuan Sosial
Penelitian Tindakan Kelas
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaena.
(1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Choiriyah,
Siti (2006). Acuan Pengayakan Ilmu Pengetahuan Alam . Solo :
Sindhunata
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan,
Jakarta :
Rajawali
Winkel. W.S
(1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Yohanes Surya
(1997), Olympiade, Jakarta
: Galaxy.
Daniel Muijs dan David
Reynolds 2000. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( Edisi ke -2 )
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Gagne, Robert M and
Leslie J. Briggs, 1978. Principles of Instructional Design. 2nd
Ed, New York : Holt Rinehart and Winstons.
Hisyam Zaini,
Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2004, Strategi PembelajaranAktif,
CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar