Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 15 Desember 2011

E 179: ANALISIS HUBUNGAN PERENCANAAN TENAGA KERJA DENGAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN FASILITAS PADA PT. INDOTIRTA JAYA ABADI DI SEMARANG


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Semakin berkembangnva Suatu perusahaan, maka aplikasi manajemen yang baik merupakan suatu keharusan. Setiap pimpinan suatu perusahaan baik itu milik negara maupun milik swasta, baik yang berskala kecil maupun yang berskala besar berupava untuk mendapatkan cara yang terbaik dan tepat dalam usahanva mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor penting yang mendukuna. Faktor penting yang mendukung dan menentukan keberhasilan suatu perusahaan adalah tenaga kerja, fasilitas mesin-mesin/teknologi, model dan sumber daya alam. Dengan integrasi dari keempat faktor tersebut akan dihasilkan keluaran berupa barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan masyarakat.
Dengan adanva ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang pesat, sehingga seorang manajer akan dituntut untuk membuat keputusan-keputusan yang tepat, agar perusahaan dapat bekerja secara efektif dan efisien.
Terutama sekali dalam hal ini adalah keputusan tenting perncanaan tenaga kerja vaitu suatu cara untuk mencoba menetapkan keperluan tenaga kerja baik secara kuantitatif maupun kualitatif untuk suatu Perinde yang pasti dan menentukan bagaimana keperluan itu digunakan (Westerman, 1982:196).
  
Masalah penentuan kebutuhan tenaga kerja, tidak hanya menvanakut bagian personalia tetapi meliputi seluruh bagian/departemen dalam perusahaan tersebut. Karena itulah penentuan akan kebutuhan tenaga kerja memerlukan kerja sama antana bagian yang membutuhkan denaan bagian personalia sebaaai pelaksana operasionalnya. Untuk menentukan jenis/mutu tenaga kerja digunakan analisis jabatan, deskripsi jabatan dan spesifikasi jabatan.
Analisis jabatan merupakan suatu proses mem­pelajari dan mengumpulkan informasi yang berhubungan denaan berbagai operasi dan kewajiban suatu jabatan. Deskripsi jabatan merupakan hasil dari analisis jabatan yang berupa statement yang teratur dari berbagai tugas dan kewajiban suatu jabatan tertentu. Sedanakan spesifikasi jabatan merupakan suatu statement dari kualitas minimum karyawan yang bisa diterima agar dapat menialankan suatu jabatan yang baik (Heidirachman Ranupandodjo dan Suad Husnan, 1986 : 24-29).

Sedanakan untuk menetukan jumlah tenaga kerja dapat digunakan metode work force analisis, work load analisis dan penelaahan waktu. Penentuan kebutuhan tenaga kerja sangat erat kaitannya dengan kondisi perusahaan di masa yang akan datang. Banvak sedikitnya karyawan yang dibutuhkan tergantung pada prospek ekonomi perusahaan dan kebijaksanaannya dalam melakukan investasi peralatan, mesin-mesin yang dipakai dalam berproduksi. Berkaitan denaan investasi    peralatan/mesin-mesin yang dipakai dalam berproduksi, perusahaan dapat melakukan melalui berbagai cara yaitu dengan menambahkan mesin-mesin/peralatan yang sudah ada maupun penggantian mesin-mesin. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Juga untuk mendapatkan produk denaan kualitas yang baik.
Bagi suatu Perusahaan yang menghasilkan suatu Produk, tenaga kerja dan investasi peralatan/mesin-mesin sangat berkaitan erat, sehingga dalam merencanakan tenaga kerja harus diperhitungkan mengenai pengembangan fasilitas.
Jika jumlah tenaga kerja lebih kecil dari fasilitas yang ada, maka kelancaran proses produksi akan terganagu. Demikian Pula bila jumlah tenaga kerja lebih besar dari fasilitas/mesin-mesin yang ada berarti Perusahaan tidak bekerja secara aktif dan efisien, hal ini berarti Perusahaan melakukan pemborosan.
Berdasarkan uraian di atas, penulis mengambil judul “ANALISIS HUBUNGAN PERENCANAAN TENAGA KERJA DENGAN PERENCANAAN PENGEMBANGAN FASILITAS PADA PT. INDOTIRTA JAYA ABADI DI SEMARANG”.

B.     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah jumlah tenaga kerja telah sesuai dengan perencanaan tenaga kerja pada PT. Indotirta Jaya Abadi ?
2.      Apakah perencanaan tenaga kerja telah sesuai dengan perecanaan pengembangan fasilitasnya pada PT. Indotirta Jaya Abadi ?
 
C.    Tujuan Penelitian.
Dari penelitian ini, ada beberapa tuivan yang hendak dicapai yaitu :
1.      Untuk mengetahui pola perencanaan tenaga kerja vang teiah dilaksanakan PT. Indotirta Jaya Abadi.
2.      Untuk mengetahui apakah pola perencanaan tenaga kerja teiah sesuai dengan pola perencanaan pengembangan fasilitas.

D.    Kegunaan Penelitian
Adapun keaunaan dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai tambahan informasi dan acuan bagi perusahaan/ mana,iemen dalam memahami pentingnva perencanaan tenaga kerja yang baik dalam menghadapi perkembangan fasilitas dalam perusahaan.
2.      Bagi Penulis
Dengan penelitian ini Penulis dapat menerapkan ilmu vang telah didapat dalam bentuk kuliah dan tambahan Penaalaman serta pengetahuan dalam disiplin ilmu mana,iemen personalia dan manaiemen perusahaan.
3.      Bagi Pihak Lain
Sebagai bahan bacaan untuk bahan pertimbangan dan menambah pengetahuan bagi mereka yang berminat di bidang personalia (Sumber Daya Manusia).




DAFTAR PUSTAKA

Alex S. Nitisemito. 1992. Manajemen Personalia, Edisi Revisi, Ghalia Indonesia, Jakarta
Benner NB. Sillahi. 1983. Perencanaan Pembinaan Tenaga Kerja Perusahaan, Cetakan Pertama. PT.Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.
Edwin B. Dlippo. 1987. Manajemen Personalia I. Terjemahan oleh Moh. Mas’ud Edisi Keenam, Erlangga Jakarta
Fakultas Ekonomi UNISRI. 1989, Peraturan Umum dan Pedoman Penyusunan Skripsi. FE UNISRI. Surakarta.
Heroid T, Amrine dan JA Ritchey. 1983 Manajemen dan Organisasi Produksi. Jilid I. Erlangga. Jakarta
Heidjracman Ranupandoyo dan Suad Husnan 1987. Teori dan Konsep Manajemen BPFE UGM, Yogyakarta.
John Suprihanto, 1984 Manajemen Personalia, Edisi I BPDE UGM Yogyakarta.
John Wasterman dan Pauline Donoghue.1982 Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Badar jaya Offset. Jakarta.
M. Manullang 1981. Manajemen Persoanlia Cetakan Keenam , Ghalia Indonesia Jakarta.
Mokijat 1982 Perencanaan Tenaga Kerja, Alumni Bandung.
Nugroho dan Djazuli Alimusid. 1985 Rumus-Rumus statistic, Cetakan Pertama CV Rajawali Jakarta

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar