Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Jumat, 02 Desember 2011

PTK SMA 053 = Pd 642 : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH MELALUI TEKNIK PEER-CORRECTION PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 3 MASARAN

ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH MELALUI TEKNIK PEER-CORRECTION PADA SISWA KELAS XI IA SMA MUHAMMADIYAH 3 MASARAN. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Mei 2008.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) kualitas proses pembelajaran menulis ilmiah melalui teknik peer-correction pada siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran; dan 2) kualitas hasil pembelajaran, yaitu kemampuan siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran dalam menulis llmiah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Masaran, Sragen, dengan subjek para siswa kelas XI IA yang berjumlah 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis ilmiah. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan interpretasi, serta tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara mendalam, dan tes. Untuk menguji validitas data yang didapatkan digunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kualitas pembelajaran, baik proses maupun hasil, menulis ilmiah pada siswa kelas XI IA SMA Muhammadiyah 3 Masaran, Sragen. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut ditandai dengan meningkatnya: 1) jumlah siswa yang aktif dan sungguh-sungguh dalam proses pembelajaran; dan 2) jumlah siswa yang aktif dan sungguh-sungguh dalam melakukan koreksi terhadap tulisan temannya. Adapun peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis ilmiah ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang dapat menulis ilmiah dengan baik dan benar berdasarkan lima aspek penilaian yang telah ditetapkan, yaitu aspek isi, organisasi, pemilihan kosakata, pengembangan bahasa, dan penggunaan mekanik. Selain itu juga ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mampu mencapai batas nilai ketuntasan minimal sebesar 65, yaitu pada siklus I adalah sebanyak 18 siswa (60 %), pada siklus II menjadi 21 siswa (70 %), dan meningkat lagi pada siklus III, yaitu mencapai 27 siswa (90 %).


DAFTAR PUSTAKA

 Anwar Hasnun. 2004. Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Penerbit Absolut.
Bambang Agus Purwanto; A. Handoko Pudjobroto; Sujoko. 2005. “Aplikasi Teknik Koreksi dengan Feedback Tak Langsung dalam Pembelajaran Writing IV pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris FKIP UNS”. Laporan Penelitian RII. Surakarta: LPPM UNS.
Bambang Dwiloka dan Rati Riana. 2005. Teknik Menulis Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Barnas. 2007. Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi dengan Teknik Koreksi Teman Sebaya. http://barnas.wordpress.com/ diakses tanggal 25 April 2008.
Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Conny Semiawan, dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar?. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Djago Tarigan dan Lilis Siti Sulistyaningsih. 1996. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikdasmen.
Farida Nugraheni. 2004. “Pendekatan Komunikatif dan Implementasinya dalam Pengajaran Bahasa”. Makalah disajikan pada tugas perkuliahan Program Pascasarjana UNS. Surakarta: Program Pascasarjana UNS.
Henry Guntur Tarigan. 1993. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Jujun S Suriasumantri. 2001. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Kasihani Kasbolah E.S.. 2001. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Madyo Eko Susilo dan Bambang Triyanto. 1991. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Effhar.
Mukayat D. Brotowidjoyo. 1985. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.
Nuril Huda. 1988. “Metode Audiolingual Vs. Metode Komunikatif: Suatu Perbandingan”. Dalam Soendjono Darjdowijojo (Ed.), PELLBA 1(hlm. 296). Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya.
Prariowo. 1996. Analisis Pengajaran Bahasa: untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Guru Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pudjobroto, A. Handoko; Bambang Agus Purwanto; Sujoko. 2004. “Optimalisasi Penerapan Teknik Self-Correction dalam Pembimbingan Skripsi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Bahasa Inggris FKIP UNS” Laporan Penilaian Peningkatan Kualitas Pembelajaran di LPTK. Surakarta: LPPM UNS.
Rochiati Wiriatmadja. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sabarti Akhadiah; Maidar G. Arsyad; Sakura H. Ridwan. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.
Slamet. 1998. “Pengaruh Strategi Pemberian Umpan Balik dalam Pembinaan Keterampilan Berbicara Ditinjau dari Aspek Kemampuan Awal Mahasiswa”. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana IKIP Jakarta.
Sri Utari Subyakto-Nababan. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sumarwati. 2006. “Perbedaan Pengaruh Teacher Feedback dan Feerback dalam Perkuliahan Menulis Ilmiah terhadap Peningkatan Kemahiran Berbahasa Tulis Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia”. Proposal Penelitian Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Surakarta: LPPM UNS.
The Liang Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Walz, Joel C. 1982. Correction Techniques for the Foreign Language Classroom’, Language in Education: Theory and Practice Series No. 50. Washington D. C.: Center for Applied Lingustics.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar