A B S T R A K
xxxxxxxxxxx, Pengaruh Mengikuti Proses Pendidikan Luar Sekolah dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Memasuki Pasar Kerja Siswa LPK, Mahardhika Klaten Tahun 1997, Skripsi. Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. April 1998.
Pendidikan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya 1). Hubungan antara Mengikuti Proses Pendidikan Luar Sekolah dengan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja. 2). Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja. 3). Pengaruh Mengikuti Proses Pendidikan Luar Sekolah Dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Memasuki Pasar Kerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekskriptif kuantitatif jenis korelasional. Jika ditinjau dari pengambilan data yang dipakai, penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.
Populasi penelitian adalah semua siswa LPK. Mahardhika Klaten yang berjumlah 116 orang. Sedangkan sampel yang digunakan berpedoman pada pendapat dari Suharsimi Arikunto. (1993) dari populasi tersebut diambil 31%, didapat 36 orang siswa. Pengambilan sampel dengan tehnik proporsional random sampling. Tehnik pengumpulan data, untuk variable Mengikuti Pendidikan Luar Sekolah (X1) dan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja (Y) mengunakan angket, sedangkan Prestasi Belajar (X2) diambil dari dokumentasi pada staf pengajar di LPK. Mahardhika Klaten. Dari uji validitas diperoleh hasil 25 item valid untuk variabel Mengikuti Pendidikan Luar Sekolah (X1) dan 5 Kesiapan Memasuki Pasar Kerja (Y) dan 4 item yang tidak valid. Sedangkan untuk uji reliabelitas X1 sebesar r11 = 0,846 dan variabel Y sebesar r11 = 0.857. Uji keberartian dan linieritas regresi diperoleh harga untuk variabel X1 dan Y diperoleh harga F = 34 dan F2 = 1.1218 sedangkan untuk variabel X2 dan Y diperroleh harga F1 = 5,047, harga F2 = 1,342 F2 = 1.1862, karena F1 > Freg dan F2 < Freg maka regresi tersebut berarti dan mengikuti garis linier. Sedangkan kedua variabel bebas ternyata independen dengan nilai rxix2 = 0,1432 lebih kecil dari ttabel = 0,329. Setelah dipenuhi uji persyaratan analisis, baru dilakukan uji hipotesis data. Dari perhitungan diperoleh a). koefisien regresi Mengikuti Pendidikan Luar sekolah dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Memasuki Pasar Kerja sebesar Freg = 23.165 > Ftabel = 3.26. dari kedua predictor masing-masing memberikan sumbangan relative (SR%) X1 = 83,87%, (SR%) X2 = 16,13% terhadap kriterium Y. disamping itu juga memberikan sumbangan efektif (SE%) X1 = 48,98%, (SE%) X2 = 9,419% terhadap kriterium Y. b). Koefisien korelasi antara Mengikuti Pendidikan Luar Sekolah dengan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja sebesar 0.718 atau r(x1y) > rtab (0,718 > 0.329). c). Koefisien Korelasi antara Prestasi Belajar dengan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja sebesar 0.359 atau r(x2y) > rtabel (0,359 > 0.329).
Dari hasil uji hipotesis di atas dapat disimpulkan ada hubungan positif antara Mengikuti Pendidikan Luar sekolah dengan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja, ada hubungan positif antara Prestasi Belajar dengan Kesiapan Memasuki Pasar Kerja, ada pengaruh positif Mengikuti Pendidikan Luar Sekolah dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Memasuki Pasar Kerja. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pimpinan dan staf pengajar agar selalu meningkatkan mutu lembaga pendidikan dan meningkatkan promosi kepada masyarakat khususnya para kejuruan yang diselenggarakan lembaga serta untuk meningkatkan prestasi belajar kursus yang diikuti selama ini maka diharapkan lembaga pendidikan kejurusan menambah sarana dan prasarana penunjang pendidikan kejurusan.
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi. (1991) Perkembangan Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara
Crow Lester and Alice Crow. (1990). Pengantar Ilmu Pendidikan, Edisi Ke III. Yogyakarta. Rakke Sarasin.
Djumhur. (1975). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung. Remaja Karya.
Kedaulatan Rakyat. (25 September 1994) Yogyakarta. KR
Linda Dadikoff dan Mari Juniati (1991) Psikologi Pendidikan. Jakarta. Erlangga.
Ngalim Purwanto. (1987). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung. CV. Ilmu
Purwodarminto WJS. (1987). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Kota
RI (1970) TAP MPR NO.V/MPR/GBHN. Jakarta. Balai Pustaka
RI (1977). Keputusan Menteri P dan K. Jakarta. Depdikbud
Roestiyah. (1982). Didaktik Metodik. Jakarta. Bina Aksara
RI (1989). UU No.2 Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta. Armas Duta Jaya
RI (1990). UUD 1945. Jakarta. Armas Duta Jaya
RI (1993). TAP MPR NO.II/MPR/GBHN. Jakarta. Armas Duta Jaya
Singgih D. Gunarsa. (1975). Pengantar Psikologi. Jakarta. Mutiara
Suryo Broto. (1983). Beberapa Aspek Dasar Kependidikan. Jakarta. Bina Aksara
Sutarno. (1986). Pemahaman Individu I. Surakarta. FKIP. UNS
Suryadi. (1984). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta. Pelita
Soeroto. (1986). Strategi Pembangunan dan Perencanaan Tenaga Kerja. Yogyakarta. UGM Perss.
Slametto. (1991). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bina Aksara.
Sudjana. (1992). Metode Statistika. Bandung. Tarsito
Suharsimi Arikunto (1987). Prosedur Penelitian. Jakarta. Bina Aksara
Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian. Jakarta. Mutiara
Sutrisno Hadi. (1986). Analisa Regresi. Yogyakarta. Andi Offset.
Sutrisno Hadi. (1990). Analisa Regresi. Yogyakarta. Andi Offset
Yudo Swasono (1987). Metode Perencanaan dan Tenaga Kerja. Jakarta. Yayasan Obor.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar