ABSTRAK
Suciah “Hubungan
Antara Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas IV - V Semester 2 SD Negeri Kebondalem 01 Kecamatan Jambu
Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003”
Skripsi
Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial -IKIP
Veteran Semarang 2003.
Masalah dalam penelitian ini adalah hubungan yang segnifikan antara
program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah ( PMT - AS ) dengan Prestasi
Belajar Siswa Kelas IV - V Semester 2 SD Negeri Kebondalem 01 Kecamatan Jambu
Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2002/2003.
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan
data tentang pelaksanaan PMT - AS, prestasi belajar siswa dan untuk mencari hubungan
Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas
IV - V SD Negeri Kebondalem 01 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang.
Tehnik pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi. Angket
digunakan untuk memperoleh data tentang hubungan antara program pemberian
makanan tambahan anak sekolah dan digunakan untuk memperoleh data tentang
hubungan antara program pemberian makanan anak sekolah dan hasil pembelajaran
siswa sebelum diadakan penelitian, dokumentasi digunakan untuk mengungkap
tentang prestasi belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengamati secara
langsung mengenai kegiatan belajar siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk
mendapatkan gambaran umum sekolah.
Data yang terkumpul melalui angket diolah dengan menggunakan tekhnik
analisa product moment angka kasar dari Karl Pearson.
Sedangkan data tentang PMT-AS dan prestasi belajar siswa diolah dengan
menggunakan tehnik analisa product moment. Hasil analisa diperoleh koevisien
korelasi r hitung sebesar 8,442. Ternyata korelasi atau hubungan antara Program
Pemberian Makanan T ambahan Anak Sekolah (PMT-AS) dengan prestasi Belajar Siswa
kelas IV - V semester 2 adalah signifikan, karena harga koefisien korelasi atau
r hitung lebih besar dari pada v tabel atau 8,442 > 0,487 > 0,381.
Penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara
program Pemberian Makanan Tambahan terhadap Anak Sekolah (PMT-AS) Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Kelas IV - V Semester 2 SD Negeri IKebondalem 01 Kecamatan
Jambu Kabupaten semarang Tahun pelajaran 2002/2003. Walaupun sumbangan yang
diberikan kecil, hasil penelitian ini di harapkan dapat berguna sebagai
tambahan pengetahuan
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Dalam Negeri, 2000, Pedoman
Pelaksanaan clan Pengendalian Program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT
- AS )
Departemen Kesehatan RI, 2000, Pedoman
Pemantauan Konsumsi Gizi, Jakarta, Direktorat Jendral Kesehatan Masyarakat
Direktorat Gizi Masyarakat
Departemen Kesehatan RI, 2000, Petunjuk Teknis
Pemantauan Status Gizi ( PSG) Anak, Jakarta, Direktorat Jendral
Kesehatan Masyarakat Direktorat Gizi Masyarakat
Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat
Jendral Anggaran Kantor Pusat, Jakarta, Penyediaan, Penyaluran dan Pencairan
Dana PMT-AS
Pedoman Pelatihan Program Makanan Tambahan Anak
Sekolah ( PMT - AS ) Tingkat Desa / Kelurahan, Jakarta, 1997, Forum
Koordinasi PMT - AS Tingkat Pusat
Sugiyono, 2002, Sistematika Untuk Penelitian,
Bandung, CV. Alfabeta
Suhartimi Arikunto, 1998, Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta
WJS. Poerwadarminto, 1982, Kamus Besar Bahasa
Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar