Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Jumat, 02 Desember 2011

E 328: Pengaruh Kharakteristik Pengrajin Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Industri Kerajinan Dan Ukir-Ukiran Tembaga "Supri" Di Tumang Boyolali

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belankang Masalah
Dewasa ini perkembangan ekonomi di Indonesia semakin pesat. Keadaan ini akan menimbulkan ancaman peluang yang luas bagi suatu perusahan dalam mencapai tujuan. Oleh sebab itu perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan tersebut.
Di dalam perusahaan pada umumnya, seorang manajer menghendaki perusahaan yang dipimpin mampu menghasilkan produk yang optimal guna memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan demikian perusahaan akan bisa berjalan dan memperoleh keuntungan. Tingkat keuntungan itu diperoleh untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan perkembangan usahanya.
Dalam melaksanakan proses produksi, manusia atau tenaga kerja merupakan salah satu sumber daaya yang menentukan. Karena faktor manusia atau tenaga kerja memegang peranan dalam aktivitas suatu perusahaan. Perusahaan akan berhasil apabila dapat memanfaatkan faktor  tenaga kerja secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai tujuan perusahaan, masalah produktivitas tenaga kerja merupakan hal penting untuk diperhatikan. Peningkatan produktivitas tenaga kerja mutlak perlu untuk terus diupayakan dan diwujudkan, karena apabila bisa terwujud berarti tenaga kerja telah bekerja dengan segenap kemampuan dan keterampilan  yang dimiliki. Hal yang terpenting dalam usaha meningkatkan produktivitas kerja adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tenaga kerja di perusahaan. Seperti halnya dengan industri kerajinan tembaga “SUPRI” di Tumang Boyolali, dalam usaha meningkatkan produktivitas kerja sangat memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi tenaga kerja di dalam perusahaan. Karena tenaga kerja yang bekerja cukup banyak danb diantara tenaga kerja mempunyai karakter uang berbeda-beda. Dengan kondisi produktivitas tenaga kerja yang tinggi akan mempercepat proses tercapainya tujuan perusahaan. Pada akhirnya produktivitas tenaga kerja akan meningkatkan efisiensi kerja dalam proses produksi dan memberi keuntungan yang sangat besar  bagi perusahaan.
Mengingat pentingnya faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan, maka dalam penyusunan skripsi ini penulis mengambil judul “ Pengaruh Kharakteristik Pengrajin Terhadap Produktivitas Ternga Tenaga Kerja Pada Indutri Kerajinan Dan Ukir-Ukiran Tembaga “SUPRI” di Tumang Boyolali.  

B.     Perumusan Masalah
Pada umumnya suatu perusahaan di dalam menjalankan usahanya mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan guna mempertahankan kelangsungan hidup serta perkembangan usahanya. Sedangkan turun mewujudkan ada bermacam-macam cara. Salah satunya dengan jalan meningkatkan produktivitas tenaga kerja di dalam perusahaan. Tingkat produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pendidikan, usia dan keterampilan  perajin.
Dari uraian diatas, penulis mengambil faktor-faktor yang dianggap dominan dalam mempengaruhi produktivitas tenaga kerja. Selanjutnya dibuatlah perumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apakah ada pengaruh pendidikan pengrajin terhadap produktivitas tenaga kerja ?
2.      Apakah ada pengaruh  usia pengrajin terhadap produktivitas tenaga kerja ?
3.      Apakah ada pengaruh keterampilan  pengrajin terhadap produktivitas tenaga kerja ? 

C.    Tujuan Penelitian
Sesuai dengan perumusan masalah di atas, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Tujuan Penelitian
a.       Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara terhadap produktivitas tenaga kerja.
b.      Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara usia terhadap produktivitas tenaga kerja.
c.       Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara keterampilan  terhadap produktivitas tenaga kerja.
2.      Kegunaan Penelitian
Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
a.   Sebagai tambahan pengetahuan maupun sebagai salah satu sumber acuan bagi kepentingan kegiatan keilmuan dalam masalah yang sama atau terkait di masa yang akan datang.
b.    Bagi perusahaan sebagai bahan pertimbangan guna menetapkan kebijakan di bidang personalia kaitannya dengan usaha meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

DAFTAR PUSTAKA
Adam Ibrahim, 1983, Perilaku Organisasi, Sinar Baru, Bandung.
Djarwanto Ps dan Pangestu Subagyo, 1996, Statistik induktif, BPFE UGM, Yogyakarta.
Edwin B. Flippo, 1993, Manajemen Personalia, Erlangga, Jakarta.
Fakultas Ekonomi, 1998, Peraturan Umum dan Pedoman Penyusunan Skripsi, FE ENUSRI, Surakarta.
Heidjrahman Ranupandodjo dan Suan Husnan, 1992, Manajemen Personalia, BPFE, Yogyakarta.
J. Ravianto, 1986, Orientasi Produktivitas dan Ekonomi Jepang, Penerbit UI, Jakarta.
Martoyo, 1992, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE UGM, Yogyakarta.
T. Hani Handoko, 1993, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE UGM, Yogyakarta.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/sms ke HP. 085725363887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar