ABSTRAK
xxxxxxxxxx. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MEMBACA MENULIS PERMULAAN ANAK BERKESULITAN BELAJAR SISWA KELAS I SD NEGERI 5 RAHTAWU KECAMATAN GEBOG KABUPATFN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi. Surakarta . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2005.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan alai peraga gambar dalam meningkatkan prestasi belajar Membaca Menulis Permulaan pada anak berkesulitan belajar siswa kelas I SD Negeri 5 Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Sesuai dengan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan model “The Static Group Comparison Randomized Control Group Post Test Only Design “., yaitu metode penelitian yang menggunakan sejumlah subjek yang diambil dari populasi tertentu, dikelompokkan secara rambang menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dikenai tindakan dalam waktu tertentu, lalu kedua kelompok itu dikenai pengukuran yang sama. Perbedaan yang ada bersumber pada perlakuan. Populasi dalam penelitian 111i adalah siswa kelas I SD Negeri 5 Rahtawu yang berjumlah 55 siswa. Sampel penelitian ini adalah anak berkesulitan belajar MMP siswa kelas I SD Negeri 5 Rahtawu, yaitu anak yang memiliki nilai Bahasa Indonesia di bawah lime sejumlah 12 anak. Kemudian dibagi dalam kelompok, yaitu 6 anak dari kelas A sebagai kelompok eksperimen dan 6 anal: dari kelas I sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga gambar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran tanpa alat peraga gambar. Rata-rata prestasi belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan alat peraga gambar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga gambar. Nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga gambar adalah 77, sedangkan nilai rata-rata kelonipol-, kontrol yang ticlak menggunakan alat peraga gambar adalah 48. Dari hash analisis data dengan Mann Whitney U Test ternyata signifikansi dengan harga kritik 5% dengan hasil nilai P = 2, 191 lebih besar dari a = 0,05. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “penggunaan alat peraga gambar efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Membaca Menulis Permulaan pada anak berkesulitan belajar siswa kelas I SD Negeri 5 Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus “Tahun Pelajaran 2004/2005” dapat diterima.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga gambar efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Membaca Menulis Permulaan pada anak berkesulitan belajar siswa kelas I SD Negeri 5 Rahtawu Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
DAFTAR PUSTAKA
Chabib Thoha. 1991. Teknik Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Rajawali
Darmlyati Zuhdi. 2001. pendidikun Bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah. Yogyakarta : PAS
Darmayati Zuhdi dan Budiasih. 1997. Pembelajaran Dengan Alat Peraga Pias – Pias Huruf : Jakarta : U I Press
Depdikbud. 1994. garis – garis besar Program Pengajaran . Jakarta -, Depdikbud
Dewa Ketut Sukardi. 1988. Bimbingun dan Konseling . Jakarta Bina Aksara
Gunarsa, Sinuanh D. 1981. Dasar dan Teori Perkembangan anak. Jakarta : BPK Gunung Mulia
Margaret E Bell Gredler. 1991. Belajar dan Membelajari. Jakarta : Rajawali
Muhibbin Syah. Tt. Psikologi pendidikan suatu pendekatan baru. Bandung Remaja Rosdakarya
----------------1995. Psikologi pendidikan suatu pendekatan Baru. Bandung PT Rosdakarya
Mukhtar dan Rusmini. 2003. Pengajaran remidiel teori dan penerapannya dalam pengajaran. Jakarta : CV F1fa, Mulia Sejahtera
Mulyono Abdurrahman. 2003. pendidikun bagi Anak berkesulitan belajar Jakarta Rineka Cipta
--------------1996. pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta Rineka Cipta
Nana Sudjana. 1991. penilaian hasil proses belajar – mengajar . Bandung : Sinai Baru
Ngadino. 2002. media pembelajaran BPK FKIP UNS. Surakarta : FKIP UNS
Ngalim Purwanto. 1990. psikologi pendidikan. Bandung . Remaja Rosdakarva
Nurgianto 1997 dasar – dasar pengembangan Kurikulum Sekolah Yogyakaryta : FE UGM
Oemar Hamalik. 1982. metode belajar dan kesulitan – kesulitan belajar Bandung : Transito
Rukini.1 996. pengaruh penggunaan alat peraga terhadapo prestasi belajar bidang studi bahasa indonesia bagi siswa kelas V SLB-C YSSD surakarta tahun pelajaran 1996/1997. surakarta : FKIP UNS
Slameto. 1995. belajar dan factor yang mempengaruhinya. Jakarta :Rineka Cipta
Suharsimi arikunto 2003. prosedur penelitian suatu pendekatan praktik Yogyakarta : Rineka Cipta.
---------------. 2002. prosedur penelitian. Yogyakarta : Rieka Cipta
-----------------. 1998. metode penelitian. Jakarta : Dikti
sumadi Suryabrata. 1989. Proses belajar –mengajar di perguruan tinggi YOgyakarta : Andi Offet
sunaryo Kartadinata. 1999. Bimbingan di sekolah dasar. Jakarta : Depdikbud
sutrinah Tirtonegoro. 1984. Anak super normal dan pr ogram pendidikannya J akarta : Bina Aksara.
Sutrisno Hadi. 1996. Statistika II. Yogyakarta : Andi Offset
--------------. 1993. metode research JIlid I. Yogyakarta : Andi Offset
Suyatmi, 1997. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya
Winarno Surachamad. 1982. Pengantar penelitian ilmu dasar metode dan teknik Bandung : Tarsito.
Winkel WS. 1995. MKDU Bahasa Indonesia pusparagam bahasa indonsia Surakarta:UNS.Press
zainal Arifin 1992. Pendekatan dalam proses belajar mengajar . bandung : remaja Rosdakarya.
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar