Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Senin, 19 Desember 2011

E 185: Analisa penerapan deskripsi jabatan dalam usaha untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan pada PT. Batik Dewi Kunti di Sukoharjo


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sesuai dengan kodratnya, kebutuhan manusia sangat beraneka ragam, baik jenis maupun tingkatannya. Semakin luas pandangan seseorang semakin ia merasa bahwa masih banyak kebutuhan yang belum terpenuhi. Bahkan, manusia akan cenderung untuk mempunyai kebutuhan yang tidak terhingga, artinya akan selalu bertambah dalam kurun waktu tertentu dan selalu berusaha dengan segala kemam­puannva untuk memuaskan kebutuhan tersebut, misalnya kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial. kebutuhan harga diri dan kebutuhan realisasi diri.
Pengaruh kebutuhan pada perilaku seseorang di­tentukan oleh besarnya potensi masing-masing kebutuhan tersebut. Potensi kebutuhan dalam mempengaruhi seseorang juga ditentukan oleh tingkat keinginan seseorang untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam keadaan yang sama seseorang sudah merasa bahwa kebutuhannya telah terpenuhi, sementara orang lain belum. Mereka mempunyai tingkat keinginan yang berbada dimana tingkat keinginan yang terakhir cenderung lebih baik.
Berbagai usaha yang telah dilakukan manusia untuk memenuhi aneka ragam kebutuhan di atas dan manusia adalah salah satu unsur yang terpenting di dalam sebuah organisasi tersebut. Adapun bentuk dan kegiatan organisasi tersebut manusia selalu berperan penting di dalamnya. Padahal manusia mempunyai tujuan atau kepentingan yang berbeda satu sama lainnya. Tujuan setiap individu inilah yang akan dipersatukan menjadi tujuan bersama dengan tujuan organisasi, sehingga setelah organisasi berjalan pada dasarnya tujuan yang ingin dicapai secara tidak langsung akan dapat terpenuhi.
Dari uraian di atas tampak, bahwa perusahaan sebagai organisasi maupun sebagai tempat kerja menjanjikan kepuasan kepada para anggotanya, selain tujuan individu dan tujuan perusahaan dapat dipertemukan. Tujuan perusahaan akan tercapai apabila karyawan yang bekerja mau melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan itu, selain tergantung, juga pada dana yang tersedia, kemampuan teknologi dan mesin-mesin yang dimiliki, kemampuan menguasai pasar, sistem manajemen yang baik dan kemampuan tenaga kerja yang dimiliki.
Unsur tenaga kerja merupakan suatu unsur yang paling penting yang mempengaruhi hidup matinya suatu perusahaan. Di dalam suatu organisasi manusia saling berhubungan satu sama yang lainnya. Untuk itu ada tiga alasan mengapa organisasi itu dibentuk, yaitu:
1.      Karena manusia adalah elemen terpenting dalam suatu organisasi, jadi apapun bentuk dari organisasi tersebut faktor manusia selalu memegang peran yang sangat vital di dalamnya.
2.      Manusia mempunyai tujuan pribadi yang berbeda-beda karena itu perlu sekali diteliti apakah ada anggota organisasi yang mempunyai tujuan terlalu ekstrim sifatnya.
3.      Organisasi yang berhasil baik adalah organisasi yang dapat menghimpun masing-masing tujuan anggotanya.
Persoalan yang ada di perusahaan dalam bidang ini diawali pada tahap perencanaan, penarikan, seleksi, latihan dan pensiun. Adapun penelitian yang penulis ambil sebagai pokok pembahasan pada skripsi ini adalah bidang perencanaan.
Perencanaan adalah salah satu fungsi manajemen selain pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, sedang fungsi-fungsi operasionalnya adalah pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan. Sehingga menurut Heidjrachman Ranupandojo dalam, buku Manajemen Personalia mengatakan bahwa :
Manajemen personalia adalah perencanaan, pengarahan, pengawasan dari pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud untuk membantu tujuan perusahaan, individu dan masyarakat (Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan, 1983:4).

Fungsi operasional bidang pengadaan tenaga kerja inilah sebagai dasar penulisan dalam penyusunan skripsi ini, karena fungsi ini sangat berkaitan L;ekali terhaAaP masalah perusahaan yang penulis teliti sebagai dasar untuk mengnnalisa suatu jabatan tertentu yang harus dilakukan oleh seorang karyawan, selain membahas kebutuhan tenaga kerja juga menarik serta memilih tenaga kerja.
Pada perusahaan besar, fungsi pengadaan ini didelegasikan oleh Para ahli dengan baik, maka perusahaan haruslah mampu menjaga mutu dari tenaga kerja tersebut.
Mereka dapat bekerja dengan baik dan lancar serta dapat meningkatkan produktivitas keria sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan. Untuk itu disusun­lah suatu deskripsi atau uraian jabatan mengenai pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan di bagian atau sub bagian perusahaan.
Dengan demikian, penulis memberi judul pada skripsi ini adalah: “ANALISIS PENERAPAN DESKRIPSI JABATAN DALAM USAHA UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BATIK DEWI KUNTI DI SUKOHARJO”.

B.     Perumusan Masalah
Dalam sebuah perusahaan dimana bahan-bahan atau material serta alat-alat produksi lainnya dengan sumber tenaga keria selalu bekerja sama dan sangat erat kaitan­nya dalam mencapai tujuan perusahaan. Dalam menentukan lokasi perusahaan, arus produksi dan lainnya yang menyangkut kebutuhan karyawan haruslah diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Di samping itu pimpinan perusahaan hendaknya membuat tulisan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh tiap karyawan. sehingga karyawan dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan. Karena berhasil tidaknya suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh faktor tenaga keria yang ada di Perusahaan tersebut. Untuk itu disusunlah suatu deskrip­si atau uraian jabatan mengenai pekerjaan apa yang harus di lakukan di bagian atau sub bagian perusahaan. Ber­dasarkan uraian di atas penulis ingin mengetahui: “Apakah ada hubungan antara deskripsi jabatan dengan tingkat produktivitas kerja karyawan yang akan diterapkan pada perusahaan PT. Batik Dewi Kunti di Sukoharjo ?”

C.    Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui apakah deskripsi jabatan dapat diterapkan sehubungan dengan usaha untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
2.      Untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada di perusahaan tentang penerapan deskripsi jabatan.
3.      Untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya mengenai penerapan deskripsi jabatan yang ada pada PT. Batik Dewi Kunti di Sukoharjo.

D.    Kegunaan Penelitian
  1. Hasil penelitian dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan perusahaan dalam menentukan dan menetapkan deskripsi jabatan.
  2. Guna meninjau kembali mengenai penetapan dan pelaksanaan dari deskripsi jabatan yang sudah ada, khususnya untuk karyawan di bagian konveksi, sub unit bagian penjahit.
  3. Sebagai studi perbandingan antara teori yang pernah penulis peroleh di bangku kuliah dengan praktek yang sesunggguhnya di lapangan.




DAFTAR PUSTAKA
 Alex Nitisemito, 1992. Manajemen Personalia, Jakarta : Ghalia Indonesia
Djarwanto Ps, dan pangestu Subagyo. 1995 Statistik Induktif, Yogyakarta : BPEF UGM.
Heidjrachman Ranupandojo dan Suad Husnan.1983. Manajemen Personalia. Yogyakarta. : BPFE UGM.
J. Ravianto. 1985. Produktivitas dan Manajemen . Jakarta The Asia Foundation.
Muchdarsyah Sinungan. 1982. Produktivitas Apa dan Bagaimana . Jakarta : Bumi Angkasa
Rusli Syarif, 1990. Peningkatan Produktivitas Terpadu. Bandung. Angksa.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar