Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Jumat, 09 Desember 2011

HK 071: PENGUNAAN KLIRING DALAM PERHITUNGAN HUTANG PIUTANG DENGAN BILYET GIRO DI BANK BUKOPIN KLATEN


A B S T R A K

Sejalan dengan perkembangan perbankan semakin banyak pula orang menggunakan jasa bank. Dalam lalu lintas pemba­yaran dengan surat berharga, penggunaan bilyet giro telah banyak disukai orang karena beberapa keuntungan tertentu. Untuk memperhitungkan hutang piutang nasabah dengan bilyet giro antara nasabah bank yang berlainan, agar penyelesai­annya cepat, aman dan efektif harus dilakukan dengan melalui kliring Bank. Telihat betapa pentingnya penggunaan kliring oleh Bank untuk dapat memperhitungkan warkat-warkatnya khususnya bilyet giro maka penulis tertarik untuk menulis skripsi ini dengan judul :”PENGUNAAN KLIRING DALAM PERHITUNGAN HUTANG PIUTANG DENGAN BILYET GIRO  DI BANK BUKOPIN KLATEN”.
Untuk mencapai sasaran penelitian yang jelas dan terarah dalam penyusunan skripsi ini maka penulis merumuskan permasalahannya mengenai prosedur penggunaan kliring prosedur perhitungan hutang piutang dengan bilyet giro dengan menggunakan kliring di bank Bukopin Klaten, upaya penyelesaian terhadap nasabah yang menerbitkan bilyet giro kosong, hambatan dan kesulitan serta langkah penyelesaian­nya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan data seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau geja­la-gejala lainnya. Datanya berupa data primer dan sekun­der, yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan study pustaka. Sumber datanya yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data terkumpul kemudian dilaku­kan dengan analisis data yaitu analisa tentang kualitatif dengan model analisis interaktif karena data yang terkum­pul hanya sedikit dan tidak dapat disusun secara klasifi­katoris. Menurut analisis ini data yang terkumpul akan dianalisa melalui tiga tahap yaitu mereduksi data, menya­jikan data dan menarik kesimpulan. Selain itu dilakukan proses silkus antara tahap-tahap tersebut. Sehingga data yang terkumpul berhubungan satu dengan yang lainnya.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa prosedur penggunaan kliring mula-mula harus ada bank penyelenggara kemudian bank yang ikut serta dalam kegiatan kliring adalah terlebih dulu karus menjadi peserta. Untuk menjadi peserta harus terlebih dahulu memenuhi syarat yang diten­tukan dan sanggup mengikuti peraturan yang ditentukan. Pelaksanaan kliring dimulai dengan penerimaan warkat di bank sendiri lalu dipersiapkan untuk dibawa ke penyeleng­gara kliring. Kliring yang pertama adalah kliring penyera­han masing-masing bank saling tukar menukar warkat. Sete­lah kliring pertama selesai warkat dibawa ke bank sendiri untuk diolah. Kliring kedua adalah kliring retur dan dari hasil kliring pertama dan kedua ini akan diketahui hasil kliring hari itu. Selanjutnya pengolahan hasil kliring kedua di bank sendiri dengan pembukuan untuk rekening nasabahnya.
Proses perhitungan hutang piutang dengan bilyet giro di Bank Bukopin Klaten, setelah warkatnya diperhitungkan di bank penyelenggara akan diperoleh hasil apakah rekening banknya di bank penyelenggara di debet atau dikredit. Demikian pula untuk rekening nasabah dibanknya akan dila­kukan pemindahbukuan sesuai warkat yang diperoleh.
Adakalanya nasabah menerbitkan bilyet giro kosong, untuk penyelesaiannya bank akan segera memanggil nasabah yang bersangkutan untuk diberikan peringatan dan nasehat. Di Bank Bukopin Klaten tidak ada surat peringatan untuk penerbit bilyet giro kosong sehingga sanksinya kurang tegas.
Dalam penggunaan kliring bilyet giro ini tidak banyak dihadapi kesulitan. Yang terjadi adalah hambatan dari nasabah karena kealpaan pembukuan di rumah atau sebab lain sehingga mengakibatkan bilyet giro kosong. Oleh karena itu bank agar selalu menasehati nasabah untuk setiap kali me­nerbitkan bilyet giro selalu dibukukan. Dan demi kelanca­ran khususnya dalam lalu lintas pembayaran giral sebaiknya sanksi untuk penerbitan bilyet giro kosong lebih diperte­gas.



DAFTAR PUSTAKA

ABDUL HAY MARHAENIS, Hukum Perbankan di Indonesia, Judul 1, Pradnya Paramita, Jakarta, 1975
ABDULKADIR MUHAMMAD, Hukum Dagang Tentang Surat-Surat Berharga, Penerbit Alumni, Bandung. 1984.
ACHMAD ANWARI, Peranan Kliring Dalam Dunia Perbankan. Penerbit Balai Aksara, Jakarta, 1985.
EMMY PANGARIBUAN SIMANJUNTAK. Hukum Dagang Surat-surat Berharga, Seksi Hukum Dagang, Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta, 1979.
O.P. SIMORANGKIR, Seluk Belum Bank Komersial, Aksara Persada Indonesia, Jakarta, 1988.
SOENARYO. Metodologi Penelitian. BPK. UNS Press, Surakarta, 1994.
SOERNARYO SOEKANTO, Pengantar Penelitian Hukum, UI Press, Jakarta, 1986.
SUTOPO HB, Pengantar Penelitian Kualitatif Dasar-dasar Teoritas dan Praktis, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1988
________________, Pengantar Penelitian Kualitatif II, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1990.
SUTRISNO HADI, Metodologi Riset I, Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta, 1979.
THOMAS SUYATNO, et al. Kelembagaan Perbankan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1991.
WINARDI. Pengantar Metodologi Research. Alumni Bandung. 1976.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 1992, Tentang Perbankan.

Untuk mendapatkan file lenngkap hubungi HP. 085725363887
KEMBALI KE HALAMAN AWAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar