Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Jumat, 20 Mei 2011

E 007 : Peranan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Menjalankan Funsi Pengendalian Manajerial Pada Pt. Batik Danarhadi Surakarta

ABSTRAKSI

Perkembangan iptek yang sedemikian pesatnya membawa dunia ke era abad informasi. Abad dimana berlaku dunia tanpa Batas untuk arus informasi.
Demikian halnya dengan dunia usaha, tehnologi informasi yang pada mulanya hanya merupakan alat Bantu yang meringankan tugas-tugas manual, menjadi suatu hal yang penting. Bahkan menjadi suatu nilai keunggulan tersendiri bagi perusahaan yang mampu mengakses informasi secara cepat. informasi dipandang sebagai suatu bentuk sumber daya (resource) yang melengkapi sumber-sumber daya yang sudah ada sebelumnya. Informasi adalah conceptual resource yang digunakan untuk memanage sumber daya fisik yang ada.
Suatu sistem informasi yang baik haruslah menghasilkan suatu informasi yang berkualitas. Sebab informasi tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi suatu tindakan baik itu pengambilan keputusan ataupun pengendalian operasi. Untuk itu diperlukan suatu penjagaan agar kualitas informasi selalu terjaga. Sisi lain dari hal itu, salah satu kontribusi yang diberikan oleh suatu sistem informasi adalah semakin kuatnya pengendalian manajerial dari suatu organisasi atau badan usaha. Untuk itulah dalam penulisan ini diteliti dan ditelaah bagaimana kualitas informasi yang dihasilkan sistem informasi akuntanisi pada PT Batik Danar Hadi sesuai dengan karakteristik informasi yang berkualitas. Dan juga peranan apa sajakah yang dijalankan oleh sistem informasi dalam fungsi pengendalian manajerial perusahaan. Harapan dari penelitian ini tentunya terutama dapat digunakan sebagai suatu evaluasi atas kualitas informasi yang dihasilkan SIA PT Batik Danar Hadi, juga untuk pengembangkan sistem informasi ke arah yang lebih maju.
Berangkat dari  hal itulah, dilakukan suatu pengamatan dan analisis dari kualitas informasi yang dihasilkan oleh PT Batik Danar Hadi, serta analisis mengenai unsur-unsur dalam sistem informasi, serta peranan dari sistem informasi akuntansi PT Batik Danar Hadi dalam membantu menjalankan fungsi pengendalian perusahaan. Langkahnya dimulai dengan suatu pengamatann dan wawancara dalam rangka mencari gambaran bangun sistem informasi akuntansi perusahaan serta segala lingkung yang melingkupinya. Hal ini termasuk dokumen dasar transaksi yang dalam penulisan ini saya kemukakan dengan mengambil sampel dokumen yang mewakili keseluruhan dokumen transaksi yang ada. Pengamatan perangkat keras sistem serta perangkat lunaknya, tanpa ketinggalan personil yang terlibat langsung di dalamnya.
Analisis kualitas informasi dilakukan dengan menelaah upaya pengendalian intern dalam rangka mencapai karateristik informasi yang memuat antara lain relevancy, accurancy, timelines, economy  dan reliability juga kinerja unsur dalam sistem yang menghasilkan informasi. Sementara analisis peranan sistem informasi akuntansi dalam pengendalian manajerial dilakukan dengan menelaah peranan apa yang muncul sebagai akibat penggunan sistem informasi berbasis komputer.
Dari analisis mengenai kualitas informasi berdasarkan pengamatan, data dan analisis menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi PT Batik Danar Hadi telah mampu menghasilkan suatu kualitas informasi yang cukup baik dengan perhatian utama pada poin karakteristik reliability, secara jelas terlihat belum memanfaatkan sistem informasi akuntansi sebagai suatu sistem informasi berbasis komputer yang mampu memperkuat karakteristik mpoin ini.Sementara fungsi pengendalian manajerial terlihat ditunjang dengan semakin cepatnya ketersediaan informasi sebagai awal dimulainya aktivitas pengendalian, adanya suatu peningkatan kualitas informasi serta menambah luas kemampuan pandang manajer keuangan dalam melakukan aktivitas pengendalian manajerial dalam perusahaan. Sedangkan jika dilihat dari aktivitas alami suatu pengendalian, sistem informasi akuntansi PT Batik Danar Hadi mempunyai kemampuan sampai tingkat detective controt dari segi pengendalian biaya dalam perusahaan.
Implikasi kebijakan yang perlu segera dilakukan perusahaan dalam pengembangan SIA nya yaitu segera membenahi kualitas informasi pada poin reliability dengan lebih mengembangkan kemampuan perangkat lunaknya. Sementara kemampuan sistem dalam melaksanakan fungsi pengendalian manajerial juga perlu dikembangkan tidak saja dari segi pengendalian biaya tetapi juga sebagai evaluasi atas kinerja cabang atau target prestasi lainnya yang diharapkan perusahaan.



DAFTAR PUSTAKA


Cushing, E Barry-1983. Sistem Informasi dan Akuntansi. Erlangga, Surabaya.
Heribertus Sutopo. 1988. Penqantar Penelitian Kualitatif. Pusat Penelitian Surakarta UNS, Surakarta.
Jogiyanto HM. 1988. Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Komputer. BPFE, Yogyakarta.
Jogiyanto HM. 1990. Analisis dan Desain Sistem informasi. Andi Offset, Yogyakarta.
Laudon, Kenneth and Jane P. 1991. Manaqement Information System. Macmillan Publishing Company, New York.
Leod Mc, Raymond. 1993. Manaqement Information System. Fifth Edition. Macmillan Publishing Company, New York.
Lucas, Henry C, Jr. 1990. Information System Concept For Manaqement. Fourth Edition. Mc Graw - Hill Book Co, Singapore.
Martin, E Wainright Cs. 1991. Manaqement Information Technoloqy. Macmillan Publishing Company, New York .
Martin, Merle P. 1991. Analysis and Desiqn of Business Information System. Macmillan Publishing Company, New York.
Scott, George M. 1986. Principles of Manaqement Information System., Mc Graw - Hill Book Co, Singapore.
Wilkinson, Joseph W. 1989. Accounting Information System : Essential Concepts analysis Applications. John Wiley and Sons Inc, Canada.
Wilson, James D and Jonh B Campbell. 1989. Controllership
:
Tuqas Akuintansi Manajemen. Erlangga, Surabaya.
Winardi, Dr, SE. 1988. Perencanaan dan Penqawasan dalam Bidanq Manaqemen. Mandar Maju, Jakarta.
Zaki Baridwan, Msc. 1985. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 1. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

 JUDUL-JUDUL SKRIPSI EKONOMI LAINNYA 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar