Pencarian

Memuat...

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke 085 725 363 887


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 26 Mei 2011

PTK SD 025 : Pembelajaran Remedial Dengan Metode Diskusi dan Penggunaan Alat Peraga Peta untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pokok Bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Karanglo Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007

ABSTRAK



               Tujuan Penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pembelajaran remedial dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga peta dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia pada SD Negeri 03 Karanglo Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007”


             Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 5 Agustus 2006 sampai dengan tanggal 5 November  2006. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.


               Hasil penelitian: Pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 16 siswa atau 57,1% tidak tuntas karena nilai prestasi belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)  yaitu 65. Sedangkan siswa yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa atau 42,9%.  Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga. Siklus I adalah sebanyak 20 siswa atau 71,4% tuntas, sedangkan 8 siswa atau 28,6% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tetapi tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75%. Sementara rata-rata prestasi belajar 64,75 masih berada di bawah rata-rata sesuai indikator keberhasilan yaitu 65, maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Siklus II adalah sebanyak 65 siswa atau 81% tuntas dan 7 siswa atau 19% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 81% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut: “Pembelajaran remedial dengan menggunakan metode diskusi dan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007”, terbukti kebenarannya.


 

DAFTAR PUSTAKA

 Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Dwi Tyas Utami, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Esis.
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gulo, W., 2002, Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Indrastuti, dkk. 2004. IPS Buana. Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Bogor : Yudistira.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta :  UNS Press.
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2.  Jakarta : Universitas Terbuka.
Udin S. Winata. Putra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K. Siti Julaecha. Ngadi Marsinah. 2005. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 



Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

 JUDUL-JUDUL PTK SD LAINNYA 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar