ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pembelajaran remedial dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga peta dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pokok bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia pada SD Negeri 03 Karanglo Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007”
Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 5 Agustus 2006 sampai dengan tanggal 5 November 2006. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Tahun Pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian: Pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 16 siswa atau 57,1% tidak tuntas karena nilai prestasi belajarnya di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Sedangkan siswa yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa atau 42,9%. Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga. Siklus I adalah sebanyak 20 siswa atau 71,4% tuntas, sedangkan 8 siswa atau 28,6% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tetapi tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75%. Sementara rata-rata prestasi belajar 64,75 masih berada di bawah rata-rata sesuai indikator keberhasilan yaitu 65, maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Siklus II adalah sebanyak 65 siswa atau 81% tuntas dan 7 siswa atau 19% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 81% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode diskusi dan penggunaan alat peraga telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut: “Pembelajaran remedial dengan menggunakan metode diskusi dan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada pokok bahasan Pembagian Wilayah Waktu Indonesia siswa kelas V SD Negeri 03 Karanglo Tawangmangu Semester I Tahun Pelajaran 2006/2007”, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Basuki Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Dwi Tyas Utami, dkk. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Esis.
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gulo, W., 2002, Strategi Belajar-Mengajar, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Indrastuti, dkk. 2004. IPS Buana. Untuk Sekolah Dasar Kelas V. Bogor : Yudistira.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : UNS Press.
Safari. 2003. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Depdiknas Dirjend Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Suciati, dkk. 2005. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.
Udin S. Winata. Putra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani I.G.A.K. Siti Julaecha. Ngadi Marsinah. 2005. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar