ABSTRAKSI
Drs. Tri Gesang Sudarsono, Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dalam Bahasa Jawa Melalui Apresiasi Cerita Wayang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Plumbon Kecamatan Tawangmangu Tahun Pelajaran 2009/2010.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi apresiasi cerita wayang bagi siswa di SD Negeri 02 Plumbon dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil.
Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Plumbon sedang objeknya adalah pembelajaran materi Apresiasi Cerita Wayang pada mata pelajaran bahasa jawa yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok maupun individu.
Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 13,33 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I meningkat menjadi 50% setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 93,33 %.
Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pelaksana pembelajaran bahwa perlu adanya perbaikan metode memberikan pelajaran di dalam kelas sehingga terjadi peningkatan pembelajaran bahasa jawa sehingga pada akhir pembelajaran siswa menjadi fasih bercerita dan mengenal tokoh-tokoh dalam wayang pandhawa.
Keyword :
1. Kemampuan Bercerita
2. Pembelajaran Efektif.
3. fasih dan mengenal tokoh wayang
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
B. Asri Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Daniel Muijs dan David Reynolds 2005. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2003, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang, Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP Pres.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Sardiman. A.M, 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.Suharsini Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Insan Cendekia
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung. Penerbit ALFABETA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar