Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Kamis, 26 Mei 2011

PTK SD 024 : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DALAM BAHASA JAWA MELALUI APRESIASI CERITA WAYANG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PLUMBON KECAMATAN TAWANGMANGU TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ABSTRAKSI

Drs. Tri Gesang Sudarsono, Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Dalam Bahasa Jawa  Melalui Apresiasi Cerita Wayang Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Plumbon Kecamatan Tawangmangu Tahun Pelajaran 2009/2010.

Penelitian ini bertujuan  untuk mencari suatu strategi pembelajaran yang efektif dan Efisien dalam mengajarkan materi apresiasi cerita wayang bagi siswa di SD Negeri 02 Plumbon dengan cara mengaktifkan siswa pada pembelajarann. Strategi dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus dan pada setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedang untuk  mengaktifkan siswa dalam penelitian ini , peneliti menggunakan lembar kerja yang diberikan kepada siswa dalam kelompok besar dan kelompok kecil.

Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Plumbon sedang objeknya adalah pembelajaran materi Apresiasi Cerita Wayang pada mata pelajaran bahasa jawa yang diajarkan dengan cara mengaktifkan siswa dalam kelompok maupun individu.

Dari penelitian yang diadakan dengan meneliti kondisi awal siswa yang diukur dengan alat tes tertulis dan hasil penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus terlihat adanya peningkatan hasil yang dicapai siswa dalam menguasai materi yang diberikan. Peningkatan penguasaan materi ini mulai dari siklus I siswa dapat meningkat sebesar 13,33 % dari kondisi awal sedang dari kondisi di siklus I meningkat menjadi 50% setelah dilakukan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 93,33 %.

Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan pelaksana pembelajaran bahwa perlu adanya perbaikan metode memberikan pelajaran di dalam kelas sehingga terjadi peningkatan pembelajaran bahasa jawa sehingga pada akhir pembelajaran siswa menjadi fasih bercerita dan mengenal tokoh-tokoh dalam wayang pandhawa.

Keyword :
1.      Kemampuan Bercerita  
2.      Pembelajaran Efektif.
3.      fasih dan mengenal tokoh wayang

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, 2005, Perencanaan Pembelajaran.mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.Anita Lie, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
B. Asri Budiningsih,DR, 2005, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.
Daniel Muijs dan David Reynolds 2005. EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi ( edisi ke -2 ) Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe & Sekar Ayu Aryani, 2003, Strategi Pembelajaran Aktif, CTSD,IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Hamidi.Dr.M.Si, 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Malang, Universitas Muhammadiyah.
Melvin.L. Silberman, 2006, Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, Bandung, Penerbit Nusamedia.
M. Sobry Sutikno, 2005. Pembelajaran Efektif apa dan bagaimana mengupayakannya, Mataram, NTP Pres.
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nasution.Prof. Dr.M.A, 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Sardiman. A.M, 2004,  Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.Suharsini Arikunto.Prof, SuharDjono. Prof, Supardi.Prof, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.
Sukidin, Basrowi, Suranto, 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Insan Cendekia
Syaiful Bahri Djamarah. Drs, 2002, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.
Syaiful Sagala,H. DR. M.Pd, 2003, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung. Penerbit ALFABETA.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

 JUDUL-JUDUL PTK SD LAINNYA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar