Pencarian

Memuat...

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke 085 725 363 887


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Selasa, 31 Mei 2011

E 009 : ANALISIS KEBIJAKSANAAN PENGADAN DAN PERSEDIAN BAHAN BAKU PADA UNIT SPINNING II P.T. DN LIRIS SURAKARTA

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dewasa ini kemajuan teknologi bertambahnya penduduk sangatlah dirasakan sehingga menyebabkan lajunya perkembangan industry/perusahaan serta semakin banyak pula perusahaan yang menjadi besar, terutama bidang industri  sandang, maka semakin banyak masalah yang dihadapi oleh seorang pimpinan perusahaan, salah satu diantaranya ialah masalah penyediaan bahan baku.
Masalah penyediaan bahan baku, memerlukan kebijaksanaan tersendiri, sebab hal ini sangatlah menunjang kelancaran proses produksi dan tingkat laba yang akan diperoleh suatu perusahaan. Adapun yang dimaksud dengan penyediaan bahan baku di sini adalah bagaimana usaha seorang pimpinan perusahaan untuk memperoleh bahan baku yang dibutuhkan tepat pada waktunya, serta mempunyai kwalitas yang baik dengan harga seminimal mungkin, dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan proses produksi pada waktu mendatang. Sehubungan dengan hal ini maka sudah seharusnyalah apabila seorang pimpinan perusahaan mengetahui dan memperhitungkan faktor-faktor yang akan mempengaruhi persediaan bahan baku yang antara lain :
1.      Volume yang dibutuhkan untuk melindungi jalannya perusahaan terhadap gangguan kehabisan persediaan yang akan dapat menghambat atau mengganggu jalannya proses produksi
2.      Besarnya pembelian bahan baku setiap kali pembelian untuk mendapatkan biaya pembelian yang minimal.
3.      Estimasi tentang fluktuasi dari padfa harga bahan baku yang bersangkutan diwaktu-waktu yang akan datang
4.      Peraturan-peraturan pemerintah yang menyangkut persediaan material
5.      Harga pembelian dari pada bahan mentah
6.      Biaya penyimpanan dan resiko penyimpanan di gudang
7.      Tingkat kecepatan material menjadi rusak atau turun kwalitasnya.
Ketujuh faktor tersebut dapat dijadikan titik tolah untuk menentukan besar kecilnya persediaan bahan baku karena tanpa memperhatikan hal tersebut di atas, maka kebijaksanaan akan bahan baku akan mengalami kepincangan dan tidak mendpatkan hasil yang memuaskan.
“PT. DAN LIRIS” unti spinning II Surakarta memproduksi bermacam-macam jenis benang di mana masa sekarang ini sangat diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tuhan pakaian, maka pimpinan “PT. DAN LIRIS” tersebut harus mengusahakan agar proses produksinya dapat berjalan lancar serta dapat mencapai target yang diinginkan.
Untuk itu kebijaksanaan pimpinan dalam menetapkan persediaan bahan baku yang tepat, sangat diperlukan demi terjaminnya kontinuitas produksi dan mengurangi biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan dalam hal penyediaan bahan baku.

B.     Perumusan Masalah
Mengingat faktor produksi, bahan baku mempunyai peranan yang sangat penting bagi kelangsungan jalannya proses produksi serta bilamana penyediaan bahan baku terganggu akan menghambat pula kontunuitas produksi pada suatu perusahaan. Oleh karena itu masalah penyediaan bahan baku merupakan faktor yang dominan.
Sehubungan dengan hal itu, yang menjadi pokok masalah adalah :
1.      Bagaimana menentukan jumlah pembelian bahan baku yang optimal dengan biaya yang seminimal mungkin serta frekuensi pembelian yang menguntungkan di dalam satu periode.
2.      Bagaimana menentukan besarnya persediaan bahan baku minimal yang harus ada dalam gudang perusahaan
3.      Bagaimana menentukan kebijaksanaan waktu yang paling tepat untuk mengadakan pesanan kembali agar kontinuitas produksi lebih terjamin.


DAFTAR PUSTAKA

Agus Ahyari, Management Produksi II. Edisi III bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM. Tahun 1983.
__________, Efisiensi Persediaan Bahan. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta, 1981.
Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada, Yogyakarta
Sofyan Asasuri, Management Produksi, Edisi Ke III, Lembaga penerbit fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.1978
Sukanto, M, Com dan Indriyo, Management Produksi. Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 1978
Sutrisno Hadi, Metodologi Research Jilid II, cetakan ke lima, Yayasan Penerbitn Fakultas Psikologi, Univeristas Gajah Mada, Yogyakarta, 1980
Winarna Surahmad, Prof. Moc, Sd, Dasar dan Teknik Research. Bandung, CV Tarsito, 1982.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

 JUDUL-JUDUL SKRIPSI EKONOMI LAINNYA 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar