Pencarian

Memuat...

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke 085 725 363 887


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Senin, 30 Mei 2011

Pd 071 : PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM KARANGAN SISWA KELAS I SMK NAHDLATUL ULAMA KECAMATAN TANON KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2005

ABSTRAK

xxxxxxxxxxx, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengidentifikasi gaya bahasa yang digunakan dalam karangan siswa kelas I SMK Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2005. (2) Mengetahui gaya bahasa yang paling banyak digunakan dalam karangan siswa kelas I SMK Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2005.
Bentuk dan strategi penelitian adalah jenis penelitian kualitatif yang berswnber pada karangan siswa kelas I SMK Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun 2005. Teknik sampling menggunakan porposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode agih. Adapun teknik yang dipakai adalah teknik baca markah.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: gaya bahasa yang digunakan dalam karangan siswa kelas I SMK Nahdlatul Ulama Kecamatan Tanon-Kabupaten Sragen Tahun 2005 sebanyak 20 gaya bahasa yang terdiri dari 151 data kalimat yaitu: Gaya bahasa hiperbola sebanyak 37, metonimia sebanyak 33, personifikasi sebanyak 21, perumpamaan sebanyak 16, simile sebanyak 4, metafora sebanyak 1, asosiasi sebanyak 1, eufemisme sebanyak 1, pars prototo sebanyak 3, epitet sebanyak 1, aliterasi sebanyak 3, antanaklasis sebanyak 1, anafora sebanyak 8, anadiplosis sebanyak 4, mesodiplosis sebanyak 2, epanalipsis sebanyak 3, epizeukis sebanyak 4, sinisme sebanyak 1, antitesis sebanyak 6 dan litotes sebanyak 1. Gaya bahasa yang sering digunakan dalam karangan siswa kelas 1 SMK Nahdlatul Ulama Kecamatan 'Tanon Kabupater, Sragen Tahun 2005 adalah gaya bahasa hiperbola.

Kata kunci : gaya bahasa, kurangan siswa, teknik baca markah


DAFTAR PUSTAKA


Alwasilah, Chaider. 1987. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitiun Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Angkasa.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua. Balai Pusataka.
Hermawati, Mega. 2001. “Analisis Stilistika Novel Ny. Tails (Kisah Mengenai Madras)”. Karya Budi Darma. Skripsi. UMS.
Keraf, Gorys. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta. Gramedia.
Koesworo, FX, dkk. 1994. Dibalik Tugas Kultinata. Surakarta: Sebelas Maret University Press dan Yayasan Pustaka Nusantara.
Kurnia, Septiawan, Santana. Nilai Puitika di dalam Esai Jurnalistik, tersedia di dalam http://www.depdiknas.go/id/jurnal/139/ meneliti nilai pituka. htm. Diakses 15 Januari 2005.
Mappatoto, Andi, Baso. 1994. Teknik Penulisan Feature (Kurangan Khas). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Marisah. 1995. “Gaya Bahasa Iklan dalam Media Elektronik”. Skripsi. UMS.
Muryani, Sri. 1995. “Analisis Gaya Bahasa Iklan Display Otomatif pada Surat Kabar Suara Merdeka”. Skripsi. UNS.
Mumu, dkk. 2002. Inti Sari Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas 1, 2, 3, SMU. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang.
Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan Bahasa. Flores: Nusa Indah.
Pradopo, Rachmat Djoko 1995. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pratikno, Riyono. 1984. Kreatif Menulis Feature. Bandung: Alumni.
Prayitno, Harun Joko (dkk). 2001. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta.
Semi, Atar. 1990. Menulis Afektif. Bandung: Angkasa.
Setyani. 1995. “Analisis Gaya Bahasa Repetisi dan Rima dalam Puisi-puisi di Majalah MOP Edisi Tanuari-Desember (1995)”. Skripsi. UMS.
Subroto, Edi. 1990. Pengantar Metode Penelitian Linguistik. Surakarta: UNS Press.
Sudaryanto. 1985. Metode dan Aneka Telnik  Analisis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sudjiman, Panuti. 1980. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI Press.
Sumardjo, Jakob, Saini  K. M. 1988. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
___________ 1983. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiusi Puisi. Jakarta: Erlangga.
Widya Marta A. 1991. Seni Menggunakan Kalimat. Yogyakarta: Kanisius.

Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887 
JUDUL-JUDUL SKRIPSI PENDIDIKAN LAINNYA 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar