ABSTRAK
Kadar, STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI SISWA KELAS VI SD 2 GARUNG KIDUL DAN SD 1 PRAMBATAN LOR, KALIWUNGU, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tindaknya perbedaaan prestasi belajar bidang studi matematika yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi pada siswa kelas VI SD 2 Garung Kidul dan SD 1 Prambatan Lor, Kecamatan kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah bagi siswa kelas kelas VI SD 2 Garung Kidul dan SD 1 Prambatan Lor, Kecamatan kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Populasinya adalah Sekolah Dasar se Kecamatan Kaliwungu Kabupaten kudus, sedangkans ampelnya adalah kelas kelas VI SD 2 Garung Kidul dan SD 1 Prambatan Lor, alat pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data ternyata diperoleh t empiris sebesar 2,878. Dikonsultasikan dengan nilai t tabel t.s 5% = 2,045, baik pada t.s 5% ternyata t empiris lebih besar dari pada t tabel yaitu t e > t t = 2,878 > 2,045. Berarrti ada perbedaaan prestasi belajar bidangs tudi matematika yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah dan yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa : Prestasi belajar bidangs tudi matematika yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas kelas VI SD 2 Garung Kidul dan SD 1 Prambatan Lor, Kecamatan kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005. dapat diterima.
DAFTAR PUSTAKA
Andi Hakim Nasution, 1983. Landasan Matematika. Jakarta :Batara Karya Aksara
Dewa Ketut Sukardi, 1988. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Bina Aksara.
----------------------, 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar, Jakarta : Depdikbud.
Muhibbin Syah, 1995. Metodologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Maryanto, 1997.Sistem, Pengajaran Induvidual. Surakarta : FKIP UNS.
Muchtar Buchori, 1985. Psikologi Pendidikan . Jakarta : Aksara Baru.
Nana Sudjana, 1990. Pendidikan Matematika Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasution S., 1983. Dedaktik Azas –,azas, Mengajar. Bandung : Yemmars.
Ngalim Purwanto, 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ratna Wilis Dahar, 1989. Teori – teori Belajar. Jakarta : Erlangga
Suharno, 1989. Interaksi Belaiar Mengajar. Surakarta : FKIP UNS.
Suharsimi Arikunto, 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi II. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Sumardi Suryabrata, 1989. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Rajawali Pers.
Suripto Hadi Siswanto, 1990. Evaluasi Pencapaian Hasil Belajar Siswa. Surakarta: FKIP UNS.
Sutrisno Hadi, 1981. Metodologi Research 1. Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.
Tim Penulis, 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Tim Penulis, 1994. Pedoman Pelaksanaan Proses Proses Belajar-Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Winarno Surachmad , 1980. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.
W.J.S Poerwadarminta, 1984. Kamus Umum. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pancasila Balai Pustaka.
W.S. Winkel , 1984. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar