ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxx. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI BELAJAR KELOMPOK DI KELAS AWAL PADA SD NEGERI 5 GRIBIG KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi , Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2005.
Tujuan penelitian ini adlaah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimanakah prosedur persiapan penerapan strategi belajar kelompok dalam pembelajaran IPA pada siswa di kelas awal, (2) Untuk mengetahui bagaimanakah langkah – langkah pelaksanaan penerapan strategi belajar kelompok dalam pembelajaran IPS pada siswa usia dini, (3) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi belajar kelompok dapat meningkatkan perolehan perluasan aktivitas dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi tindakan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 5 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 5 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dengan masing – masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik analisis data dilakukan dengan cara : (1) Melakukan identifikasi masalah, (2) Melakukan analisis masalah dan perumusan maslaah, (3) Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan, (4) Analisis Kelaikan Solusi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagaimana telah diuraikan pada Bab IV, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut : Kemampuan dalam penyelesaian soal IPS dengan pokok Bahasan Kebutuhan Hidup dan Cara Memenuhinya siswa kelas III SD Negeri 5 Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005 dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan strategi belajar kelompok dengan skor rata – rata 71,54.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan yaitu “ Dengan menggunakan strategi belajar kelompok dalam pembelajaran IPS, maka prestasi belajar dapat meningkatkan “ dapat diterima kebenarannyaDAFTAR PUSTAKA
Anton Sukarno. 1994. Eftkfivifas Sistem Pengajaran Pelayanan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta.
____________1997. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar mengajar. Jakarta : Depdikbud.
John D. Latuheru. 1988. ,Media Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud,
Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Universitas Negeri Malang
Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru.
___________2002. Dusan-Dusan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Neohi Nasution. 1992. Didaktik dan Asas – asas Mengajar Bandung : Jemars
____________1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka. Oemar
Hamalik. 1980. Metodologi Pengajar Ilmu Pendidikan. Bandung.
Poerwodarminto, 1986. Kamus Umum Berbahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.
Slameto. 1995. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta.
Suhernian Erman dan Udin S. Winataputra. 1993. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Depdikbud Universitas Terbuka.,
Sunardi. 1997. Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar. Surakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan UNS.
Sutratinah Tirtonegoro. 1988. Anak Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta : PT. Bina Aksara.
Winarno Surakhmad. 1986. Pengantur Interaksi Belajar Mengajar. Bandung Tarsito.
Winkel W.S. 1984, Psikologi Pendidikan dun Evaluasi Belajar. Jakarta Gramedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar