Pencarian

Memuat...

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke 085 725 363 887


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Minggu, 29 Mei 2011

PTK SD 030 : Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester Ii Tahun Ajaran 2008 Sdn Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan yang berorientasi dari model model pembelajaran yang konvensional kepada model model pembelajaran yang terbaru maka, guru dituntut unutuk terus menerus melatih diri untuk menerapkan metode metode tersebut. Penerapan metode membutuhkan keterampilan khusus yang berawal dari pembiasaan penggunaan metode dalam proses belajar mengajar. Dengan penggunaan metode yang tepat maka akan dapat dihasilkan kemampuan siswa yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Mata Pelajaran IPS yang didominasi oleh aspek kognitif yang bersifat deskriptif  menimbulkan kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran.  Hal ini yang terjadi di sekolah SDN Mergosari 01 kelas V pada mata pelajaran IPS yang secara khusus pada materi Tokoh tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang.  Secara umum materi yang seperti itu disampaikan dengan metode ceramah langsung melalui cerita. Hal ini menimbulkan kejenuhan dan kebosanan pada diri siswa, untuk menghindari proses yang membosankan maka, perlu dicarikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi tersebut.
Dalam menyelesaikan permasalahan ini maka peneliti sebagai guru bidang studi memilih metode yang dianggap sesuai yaitu metode alat peraga untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa tentang materi pelajaran IPS dengan metode penelitian tindakan kelas.

B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo ?.

C. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.

C. MANFAAT PENELITIAN
a.      Bagi Kepala Sekolah :  Sebagai sarana  pembinaan kepada guru guru bidang Sosial untuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.
b.      Bagi guru  bidang studi Ilmu sosial : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil proses belajar mengajar bidang studi Sosial.
c.      Bagi teman sejawat :  Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian tindakan kelas  dengan metode yang berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian tindakan kelas.

 
DAFTAR PUSTAKA


 Departemen pendidikan Nasional 2007 ” Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan IPS”
Departemen pendidikan Nasional 2007 ” Silabus Mata Pelajaran  IPS”
U. Usman, 1993. Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
W. Rochiati,  2005. Metode penelitian tindakan kelas, Bandung : PT Remaja Rosda karya.
Wardini J & N Marsinah, 2007 ” Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka.
www.Jurnalindonesia.online “Alat peraga sebagai metode pembelajaran IPS ” diakses tanggal 04 Mei  2008 jam 11.30.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887

JUDUL-JUDUL PTK SD LAINNYA 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar