ABSTRAK
xxxxxxxxxxxx, PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MELALUI PEMBERDAYAAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS II SD I KUWUKAN DAWE KUDUS 2004/2005. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan ILmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2005.
Penelitian in I bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan belajar sisiwa dalam mneyelsaikan soal cerita Matematika mellaui alat peraga Siswa kelas II SD Negeri I Kuwukan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah – langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan mengadakan refleksi. Teknik sampling dalam penelitian ini tanpa dilakukan seleksi atau peneliti tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti sejumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan tes. Analisis data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan kemampuan belajar Matematikan siswa kelas II SD Negeri I Kuwukan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005 dan mata pelajaran Matematika dengan menunjukkan gambar dan mengefektifkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran. Hal ini buktikan dari perolehan rata – rata hasil nilai ulangan siswa sebelum diadakan tindakan adalah 5,6 dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II dan 7,0 pada siklus II. Setiap putaran/siklus selalu membawa dampak yang positif ke a rah peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Matematikan siswa kelas II SD Negeri I Kuwukan Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar