ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxx. Penggunaan media benda konkrit untuk menghitung volume kubus dan balok dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 1 Tanjung, kecamatan Juwiring, kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Program Studi PGSD Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Pembimbing I : Dra. Sri Muryani, MM Pembimbing II : Drs.Susiyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Penggunaan media benda konkrit untuk menghitung volume kubus dan balok.
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok , mata pelajaran wajib yang ada di setiap jenjang pendidikan dasar dan menengah. Matematika juga menjadi salah satu dari tiga mata pelajaran yang mulai tahun ajaran 2007 / 2008 di masukkan dalam UASBN. Namun dalam menghitung volum kubus dan balok belum menunjukkan hasil yang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunan alat peraga kubus-kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam menghitung volum kubus dan balok. Metode pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, teman sejawat, siwa dan materi bahan ajar, dengan mengutamakan aktivitas dan kreativitas siswa melalui bimbingan guru.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Tanjung, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten pada tahun pelajaran 2009 / 2010, dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Fokus penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menghitung volume kubus dan balok. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, hal ini dibuktikan dengan hasil yang di peroleh pada siklus I dan siklus II dengan SK / KD sama indikator berbeda dalam kategori amat baik. Dengan melihat hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian yaitu melalui penggunaan alat peraga kubus-kubus satuan untuk mencari volume kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam menghitung volume kubus dan balok siswa kelas V SDN 1 Tanjung, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, tahun pelajaran 2009 / 2010. Akhirnya peneliti menyarankan kepada seluruh guru untuk kreatif dalam menyajikan pembelajaran terutama dalam penggunaan media / alat peraga yang menarik serta bervariasi sehingga dapat membawa siswa dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan batas tuntas hasil belajar siswa dapat tercapai.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Azis. 2009. Problematika Pembelajaran Matematika SD. www.azizgr.blogspot.com
Arief S .Sadiman. 1986. Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali
Ari Asnaldi. 2008. Teori-Teori Belajar Proses Perubahan. www.multiply.com
Criticos, C. 1996. Media selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc.
Heru Subiyantoro. 2008. Hasil Belajar dan Pengukurannya. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan, U. 2001. Media pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. FIP. UM.
Ingridwati Kurnia. 2007. Perkembangan belajar Peserta DidKi. Jakarta: Dirjen Dikti Departeman Pendidikan Nasional.
I Wayan Santyasa. 2007. Media Pembelajaran. Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan. Pada tanggal 10 Januari 2007 . Bandung: Universitas Ganesha
Moedjiono. 1981. Media pendidikan III: Cara pembukaan media pendidikan. Jakarta: P3G. Depdikbud.
Muchtar A. Karim. 1997. Pendidikan Matematika 1. Malang: Depdikbub
Oemar Hamalik. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka martina
Slametto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sadiman, A.S. 1986. Media pendidikan: pengeratian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar