Pencarian

SELAMAT DATANG

Skripsi TA, Tesis, PTK merupakan salah satu tugas akhir dari setiap mahasiswa S1 maupun S2 dalam rangka memperoleh Gelar Kesarjanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan harus dipertahankan kebenarannya di hadapan Team Penguji.
Skripsi TA, Tesis, PTK pengerjaannya bersifat individual dan tidak dibenarkan menjiplak atau plagiat milik orang lain. Saya sangat tidak mendukung PLAGIAT!!
Namun demikian tidak dpat dipungkiri adanya contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat memperlancar proses pengerjaan tugas tersebut, karena dengan adanya contoh Skripsi TA, Tesis, PTK yang sudah jadi mahasiswa bisa memperoleh gambaran tentang tugas yang sedang dikerjakannya dan juga bisa memperoleh inspirasi.
Disamping itu, contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dapat digunakan sebagai pijakan / dasar untuk melakukan penelitian lanjutan, sehingga akan dihasilkan Skripsi TA, Tesis, PTK yang lebih sempurna.

Atas dasar itulah, kami berusaha membantu rekan-rekan menyediakan contoh-contoh Skripsi TA, Tesis, PTK dari berbagai jurusan.
Disini juga saya sediakan makalah dan juga ebook buku2 penunjang dalam pembuatan tugas yang bisa didownload secara GRATIS.

Selamat berselancar di Blog kami, semoga apa yang anda cari ada disini, dan tugas yang sedang anda kerjakan dapat selesai dengan lancar.

Bila Judul Skripsi yang anda cari tidak ada di Blog ini, silahkan tanyakan langsung dengan sms ke HP 0856 0196 7147


SALAM SUKSES BUAT ANDA.


Link-Link DOWNLOAD GRATIS berada menyebar di Seluruh Katalog dan terus bertambah.

Minggu, 29 Mei 2011

PTK SD 028 : Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo


ABSTRAK

XXXXXXXXXXX,  Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian Tindakan Kelas. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2008.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk  mendeskripsikan sistematika pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dan 3) untuk mendeskripsikan cara yang efektif dalam memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan pendekatan komunikatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.
Metode yang digunakan adalah  metode deskripsi kualitatif artinya data yang dihimpun disusun secara sistematis kemudian diinterprestasikan, dianalisa sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan individu, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan informasi yang diperoleh dengan membandingkannya terhadap informasi dari sumber lain. Teknik analisis data dilakukan melalui empat komponen pokok yaitu,pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah diketahuinya pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 dilaksanakan dengan sistematika sebagai berikut:a)menyampaikan pembelajaran melalui bacaan,b)menyampaikan pembelajaran tentang mengintepretasikan atau menerjemahkan sistem komunikasi dalam karya sastra,c)menyampaikan pembelajaran membuat suatu cerita, pertanyaan dan jawaban,d)memberikan pembelajaran deklamasi untuk melatih siswa berekspresi dalam berkomunikasi,e)memberikan pembelajaran gramatika secara terpadu atau terintegrasi dalam media komunikasi seperti bacaan,maupun dalam kegiatan bertanya-jawab dan membuat suatu ceritera,f)melakukan observasi, baik melalui ulangan maupun melalui pengamatan kualitiatif,g)melakukan refleksi secara informal untuk mengevaluasi dan menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran pada tahap berikutnya. Adapun kendala yang muncul meliputi kondisi verbal siswa, kondisi psikis siswa, kendala teknis, kemampuan visual siswa,dan kendala eksternal. Selanjutnya solusi yang diberikan adalah dengan mengenalkan siswa pada teks baik bacaan dan puisi yang tingkat kesulitannya meningkat secara bertahap, pemberian motivasi atau dorongan untuk memberikan semangat pada siswa, dilakukan pembelajaran intepretasi gambar ilustratif secara perlahan, dan melibatkan orang tua siswa untuk membantu menyiapkan bahan-bahan untuk pembelajaran di sekolah.


DAFTAR PUSTAKA


Animo.2007. Proses dan Evaluasi Pengajaran Kompetensi Komunikatif. www.depdiknas.go.id
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Barnadib, Sutari Imam. 1984. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Yogyakarta: IKIP
Bungin,B.2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan : Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta : Grasindo.
Brumfit dan Finocchiaro. 2006. On Communicative Competence. Oxford: Oxford University Press. Corey. 1986.
Departemen Pendidikan Nasional.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi : Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mujiono. 1999. Model-model Pembelajaran Interaktif. Jakarta :Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1994. Wancana (Pemahaman dan Hubungan Antar Unsur). Bandung: Eresco
Hasan,F .1991. Cultural Dimension and Human Development. Jakarta: Balai Pustaka.
Hudoyo,H. 1990. Pembelajaran Menurut Pandangan Konstruktivisme. Makalah Semlok Konstruktivisme sebagai Rangkaian Kegiatan Piloting JICA. FMIPA UGM.
Littelwood, William.1981. Communicative Language Teaching: An Introduction. Cambridge: Cambridge University Press.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudhofir.1987. Teknologi Instruksional. Bandung: Remadja Karya
Mulyasa,E. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda
Nasir,M.1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurani.2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Prasetya Irawan. 1994. Teori Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar Bahan Ajar. Jakarta: Dikti Depdikbud.
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda
Richards dan Rodgers.1986. The Context of Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Ridwan, Rifai.1992. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Skinner, B.F. 1958. Teaching and Learning Theory. NewYork: McGraw Hill. Inc.
Soetomo.1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Sukmaningadji. 2006. Paradigma Pembelajaran.www.pikiranrakyat.com 
Sutopo,H.B. 2002. Teknik Analisis Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Suwito. 1985. Sosiolinguistik Pengantar Awal. Surakarta: Henary Offset.
Suyitno. 1982. Pengantar Kemampuan Berbahasa. Surakarta: Fakultas Keguruan Universitas Sebelas Maret.
Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Uchjana Effendy, Onong. 2006. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wisnu, Murti. 2006. Konsep Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta
Wiratmoko. 2007. Pengaruh Implementasi Lesson Study Terhadap Prestasi  Siswa Di Smp Negeri 2 Simo Kabupaten Boyololali. Jurnal. Surakarta:UMS
www.geocities.com. Inisiasi3: Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD yang Inovatif.
www.energimandiri.com. Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Yohanes, Budinuryanta.1991. Pragmatik dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di SMA. Bandung: Fakultas Pascasarjana IKIP Bandung.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 085 725 363 887
 JUDUL-JUDUL PTK SD LAINNYA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar